img01687-20111107-1630Emas diperdagangkan di bawah level tertinggi tiga bulan terakhir ditengah tanda-tanda bahwa rally harga akan mengurangi permintaan fisik dan investor melakukan penilaian terhadap prospek biaya pinjaman AS sebelum jelang pidato Ketua Federal Reserve, Jenet Yellen hari ini. Platinum turun dari level tertinggi sejak bulan September lalu dan paladium stabil dalam seminggu terakhir.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan pada posisi $ 1,324.92 per ounce pukul 9:04 di Singapura dari posisi $ 1,326.46 kemarin, logam naik ke $ 1,332.33, level tertinggi sejak tanggal 24 Maret lalu, menurut harga generik Bloomberg. Indikator RSI 14 hari emas sudah mendekati level 70 yang indikasikan potensi penurunan harga.

Yellen akan berpidato didepan Dana Moneter Internasional setelah data yang dirilis kemarin menunjukkan indeks manufaktur AS naik melebihi perkiraan ekonom, membawa Index Dollar Spot Bloomberg ke level terendah untuk hari kelima. Di China, konsumen emas terbesar di dunia, volume kontrak di Shanghai Gold Exchange turun menjadi 8.569 kilogram pada tanggal 6 Juni kemarin.

‘Melemahnya dolar telah memberikan dorongan namun emas tampak semakin overbought dan reli telah menunda para pembeli fisik,’ Xia Yingying analis dari Nanhua Futures Co, di Hangzhou, China.

Emas naik 10 persen pada tahun ini seiring meningkatnya kerusuhan di Irak dan Ukraina yang  mendorong permintaan haven, sementara Fed mengatakan akan mempertahankan suku bunga di hampir nol serta dolar turun pada kuartalan kedua periode bulan Juni. (knc)

Sumber : Blommberg