index13Emas diperdagangkan dibawah level tertinggi tiga bulan terakhir sebelum data ketenagakerjaan yang akan  dirilis yang menunjukkan bahwa ekonomi AS terus mendapatkan momentum. Platinum turun  dari level tertinggi 10 bulan terakhir, paladium relatif stabil sejak delapan hari yang lalu.

Bullion untuk pengiriman segera diperdagangkan pada posisi $ 1,325.96 per ounce pukul 8:56 pagi di Singapura dari posisi $ 1,326.86 kemarin, menurut harga generik Bloomberg. Logam itu naik ke $ 1,332.33 pada tanggal 1 Juli kemarin, level tertinggi sejak tanggal 24 Maret lalu. Indikator RSI 14-hari emas sudah mendekati level 70 untuk hari keempat,  yang indikasikan potensi penurunan harga.

Data yang akan dirilis pemerintah AS hari ini mungkin menunjukkan pengusaha AS telah menambahkan 215 ribu pekerja pada bulan Juni setelah kenaikan  217 ribu pada bulan Mei lalu, meningkatkan spekulasi bahwa Federal Reserve AS akan terus menekan dengan pemotongan stimulus. Indeks Dollar Spot Bloomberg tandai level terendah lima hari hingga kemarin setelah sebuah laporan swasta menunjukkan bahwa lapangan kerja di perusahaan-perusahaan AS naik 281 ribu pada bulan Juni, melebihi perkiraan yang paling optimis dalam survey Bloomberg.

‘Ekonomi AS terus membaik dan pekerjaan meningkat, Fed akan bertahan dengan pengetatan kebijakan moneternya yang tentu saja menjadi bearish untuk logam mulia,’ kata Zhang Lin, analis dari Yongan Futures Co di Hangzhou, China.

Emas anjlok hingga 28 persen tahun lalu, kejatuhan tahunan terbesar sejak 1931. pada ekspektasi bahwa the Fed akan mulai memperkecil skala stimulus untuk memacu pertumbuhan. Ketua Fed, Janet Yellen mengatakan kemarin bahwa tidak ada kebutuhan untuk mengubah kebijakan moneter saat ini guna mengatasi kekhawatiran atas stabilitas keuangan. (knc)

Sumber: Bloomberg