Emas Kokoh di Harga US$ 1.700, Meski Banyak Sentimen Positif

Emas Kokoh di Harga US$ 1.700, Meski Banyak Sentimen PositifPT Equityworld Futures Medan- Pada perdagangan kemarin, harga logam mulia emas jatuh seiring dengan bangkitnya risk appetite investor. Seolah tak mau pamornya tenggelam, pagi ini harga emas masih mencoba bangkit.

Walau ambles 1% kemarin, harga emas masih kokoh berada di atas US$ 1.700/troy ons sejak 12 Mei 2020. Pada perdagangan Rabu (27/5/2020) pagi pukul 08.10 WIB harga emas dunia di pasar spot menguat 0,17% ke US$ 1.714,22/troy ons.

Pasar diwarnai dengan berita baik yang datang dari perkembangan kandidat vaksin corona dan mulai dibukanya kembali perekonomian. Sampai saat ini WHO mencatat ada 10 vaksin yang sedang menjalani uji klinis, sementara 114 lainnya berada pada tahap preklinis.

Dari 10 kandidat vaksin, ada 4 vaksin yang ramai diperbincangkan. Empat kandidat vaksin tersebut adalah mRNA-1273 (Moderna), Ad5-nCoV (Cansino Biologics & Beijing Institute of Biotechnology), AZD1222 (Oxfod University & AstraZeneca) dan yang terbaru ada NVX-CoV2373 (Novavax). Masing-masing kandidat vaksin yang dikembangkan menggunakan teknologi yang berbeda-beda.

Kemajuan pengembangan vaksin yang pesat disertai dengan reopening ekonomi terutama zona Euro membuat investor kembali berburu aset-aset berisiko seperti saham pada perdagangan kemarin. Dini hari tadi Wall Street ditutup di level tertinggi sejak Maret lalu. Indeks Dow Jones Industrial Average melesat mendekati level psikologis 25.000.

Semakin banyaknya negara yang melonggarkan lockdown dan pembatasannya menyongsong era kehidupan baru (new normal) masih jadi sentimen positif untuk aset-aset berisiko, tetapi tidak untuk emas yang merupakan aset safe haven.

Perancis dan Jerman sudah mulai membuka kembali perekonomiannya sejak awal Mei. Beberapa negara juga mengikuti langkah tersebut. Kabar terbaru, Afrika Selatan juga akan menempuh langkah yang sama. Afrika Selatan berencana untuk mencabut status lockdown hingga ke level tiga pada 1 Juni nanti.

Ini berarti pembukaan kembali secara penuh untuk semua sektor seperti manufaktur, penambangan, konstruksi, jasa keuangan, layanan profesional dan bisnis, teknologi informasi, komunikasi, layanan pemerintah, dan layanan media. Ketika lockdown dibuka, sekitar 8 juta orang Afrika Selatan akan kembali bekerja.

Bahkan beberapa negara di kawasan zona Euro juga sudah mulai mewacanakan aktivitas di sektor pariwisata untuk mulai digenjot kembali. Artinya para pelancong dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata di Eropa pada musim panas tahun ini.

Beberapa negara Eropa yang sudah mulai merencanakan sektor pariwisatanya kembali bergeliat antara lain Portugal, Yunani, Spanyol, Italia, Swedia, Belanda dan Islandia. Jadi wajar saja kalau harga emas terpelanting kemarin.

“Ada nada berani ambil risiko di pasar, mendorong pembalikan arus dari aset safe-haven (emas),” kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities, sebagaimana diwartakan Reuters.

Namun dengan adanya konflik antara AS dan China yang masih berkecamuk terutama seputar Hong Kong, adanya ancaman gelombang kedua wabah membuat dunia kembali berada dalam ketidakpastian. Hal ini lah yang membuat emas masih kokoh di level tertingginya dalam lebih dari 7 tahun seperti sekarang ini.

Di sisi lain banjir stimulus dari pemerintah maupun bank sentral akan memicu inflationary effect dalam jangka panjang. Kabar teranyar menyebutkan bahwa Komisi Uni Eropa untuk menambah stimulus guna menyelamatkan perekonomian dari pandemi.

Pekan lalu, Jerman dan Prancis mengusulkan untuk meningkatkan utang Eropa bersama dalam upaya mendukung pemulihan ekonomi kawasan zona Euro dari krisis akibat pandemi corona. Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen akan mempresentasikan proposalnya sendiri pada hari Rabu, berdasarkan rencana tersebut.

Dengan adanya banjir stimulus ini emas sebagai aset lindung nilai (hedging) mendapat berkah dan menjadi diburu ketika ada ancaman inflasi dan penurunan nilai mata uang. Sehingga dalam jangka panjang prospek emas dinilai masih bullish.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan