Emas Melemah Dengan Investor Kaji Prospek Inflasi AS

Emas Melemah Dengan Investor Kaji Prospek Inflasi ASEquityworld Futures Medan : Emas turun karena investor menimbang prospek inflasi AS sebagai petunjuk terhadap kemungkinan laju kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve pada tahun 2016.

Bullion untuk pengiriman segera turun 0,4 persen menjadi $ 1,071.72 per ons dan berada di $ 1,072.32 pada pukul 10:03 pagi di London, menurut Bloomberg generic pricing. Logam ini naik 0,9 persen pada pekan lalu akibat penurunan dolar.

Emas telah melemah 9,5 persen dalam tahun ini karena membaiknya ekonomi AS, yang mendorong The Fed untuk mengetatkan kebijakan moneter pada bulan ini untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Bank sentral AS telah mengatakan bahwa mereka akan melanjutkan program pengetatan secara bertahap dengan langkah tambahan di tahun depan. Sementara penguatan di laju kenaikan harga dapat memicu permintaan emas sebagai lindung nilai, kenaikan inflasi dapat menyebabkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, yang biasanya dapat menekan bullion.

Bank sentral AS pada bulan November membenarkan indeks inflasi berada di 0,4 persen, menurut laporan pada hari Rabu. Hal tersebut berada di bawah target 2 persen The Fed selama lebih dari tiga tahun setelah sektor komoditas termasuk minyak anjlok.

Kepemilikan dana dalam ETF berbasis emas menyentuh level terendah dalam enam tahun dari 1,458.19 metrik ton pada 17 Desember. Aset berada di 1,470.29 ton pada 23 Desember, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Di pasar logam lainnya, spot perak jatuh sebanyak 2,5 persen, penurunan intraday terbesar sejak 17 Desember, ke $ 14,0195 per ons.(frk)

Sumber: Bloomberg