Equityworld_MedanHarga emas sedikit melemah di Asia pada Kamis dengan investor menunggu permintaan emas ketika memasuki musim festival di India.

Di Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 1,217.10 per troy ounce, turun 0,02%, setelah mencapai level terendah semalam di $ 1,216.30 dan tertinggi pada $ 1,226.70.

Semalam, emas berjangka jatuh setelah greenback menguat di tengah berita bahwa penjualan rumah baru di AS melebihi perkiraan pada bulan lalu.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,211.33 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,206.77 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,214.12 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,215.89 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,220.45.

Biro Sensus melaporkan sebelumnya bahwa data baru penjualan rumah AS naik 18,0% bulan lalu menjadi 504.000 unit, jauh melampaui ekspektasi untuk kenaikan 4,4% menjadi 430.000 unit. Penjualan rumah baru untuk bulan Juli direvisi untuk peningkatan 1,9% dari estimasi sebelumnya penurunan 2,4%.

Secara terpisah, Departemen Energi melaporkan sebelumnya bahwa stok minyak mentah jatuh sebesar 4,3 juta barel pekan lalu, yang sebelumnya diperkirakan meningkat sebesar 386.000 barel, yang selanjutnya memicu harapan bahwa ekonomi AS membaik terbukti dengan meningkatnya permintaan untuk bahan bakar dan energi.

Data Rabu menunjukkan bahwa sektor manufaktur AS ekspansi di bulan September, yang meningkatkan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan pasar.

Pada bulan Oktober, Federal Reserve diperkirakan akan menutup program pembelian obligasi bulanan dan kemudian mulai menaikkan suku bunga acuan pada tahun 2015.

Sementara itu, permintaan emas India selama musim gugur untuk festival Diwali dan perayaan pernikahan biasanya melonjak.

Sekitar 50 ton emas telah diselundupkan masuk ke India dalam 10 hari terakhir, untuk memenuhi lonjakan permintaan emas di musim festival. Permintaan emas terlihat cukup banyak selama festival Dussehra. Festival Shradh berakhir dan saat ini festival Navratri akan dimulai.

Sementara itu dilaporkan US Mint telah menjual hampir 50.000 ons koin emas pada bulan September, hampir dua kali lipat total pada bulan Agustus, ketika harga emas jatuh tajam dan ketegangan geopolitik mendorong minat pembeli emas fisik dan investor ritel.

Perak untuk pengiriman Desember turun 0,05% pada $ 17,685 per troy ounce. Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember naik 0,04% pada $ 3,055 per pon.