Equityworld_MedanEmas terkoreksi untuk hari keempat, menuju penurunan bulanan setelah tanda-tanda lebih lanjut bahwa pemulihan ekonomi AS mendapatkan momentumnya dalam memperkuat kasus untuk biaya pinjaman yang lebih tinggi dalam perekonomian terbesar di dunia tersebut.

 

Emas untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,2 persen menjadi $ 1,294.36 per ons, dan berada di level $ 1,295.59 pada pukul 08:21 pagi di Singapura, menurut Bloomberg generic pricing. Penurunan untuk hari keempat akan menjadi penurunan beruntun terpanjang sejak Juni. Bullion turun 2,4 persen pada bulan Juli, sedangkan Indeks Bloomberg Dollar Spot menuju kenaikan bulanan terbesar sejak Mei 2013, setelah data termasuk produk domestik bruto (PDB) mengalahkan perkiraan.

 

Emas merosot 28 persen tahun lalu terhadap ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memangkas pembelian obligasi bulanan, yang menjadi keenam kalinya kemarin. Para pembuat kebijakan juga mengatakan dalam pernyataannya pada 30 Juli bahwa pelemahan dalam pasar tenaga kerja masih ada bahkan ketika ekonomi sedang meningkat, mengulangi bahwa mereka akan mempertahankan tingkat suku bunga tetap rendah untuk waktu yang dirasa cukup setelah mengakhiri pembelian aset. Data besok mungkin menunjukkan para pengusaha AS menambahkan lebih dari 200.000 pekerjaan untuk bulan keenam.

 

Bullion rebound 7,8 persen dalam tahun ini karena kerusuhan di Ukraina dan Timur Tengah yang mendorong permintaan safe haven. Pasar umum utama di Gaza terkena serangan udara Israel kemarin setelah Amerika Serikat dan Uni Eropa meningkat sanksi terhadap Rusia.(frk)

 

Sumber : Bloomberg