Equityworld Futures Medan : Emas memperpEquityworld_Medananjang penguatan bulanan terbaik sejak Januari lalu pasca indeks pabrik di China anjlok ke level terendah dalam tiga tahun teraljor, memperdalam kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia dan meningkatkan permintaan untuk logam sebagai aset lindung.

Bullion untuk pengiriman segera naik sebanyak 0,7 persen ke level $1,142.79 per ons dan berada di level $1,142.03 pukul 11:11 di Singapura, menurut harga generik Bloomberg. Logam naik sebesar 3,6 persen pada bulan lalu.

Indeks Pembelian Manajer pemerintah China turun menjadi 49,7 pada bulan Agustus, pertama berada di bawah 50 sejak Februari lalu, menyeret saham Asia ke zona merah dan meningkatkan spekulasi Federal Reserve akan menunggu lebih lama sebelum menaikkan suku bunga. Biaya pinjaman yang lebih tinggi membuat bullion kurang menarik karena logam tidak membayar bunga.

Empat puluh delapan persen dari 54 ekonom yang disurvei pada 27-31 Agustus oleh Bloomberg News melihat peningkatan suku bunga pinjaman acuan akan dilakukan pada bulan ini, dibandingkan dengan 77 persen yang diperkirakan kenaikan seperti pada awal Agustus. Federal Open Market Committee (FOMC) menetapkan kebijakan-selanjutnya pada pertemuan 16-17 September mendatang, memberikan waktu untuk pejabat mengkaji laporan pasar kerja bulan Agustus yang akan dirilis pada 4 September mendatang.

Emas berjangka untuk Desember naik 0,8 persen ke level $1,141 di Comex di New York. Bullion dari kemurnian 99,99 persen naik sebanyak 0,6 persen ke level 235,1 yuan per gram ($1,147.62 per ons) pada Shanghai Gold Exchange, dan terakhir di level 234,64 yuan. (izr)

Sumber: Bloomberg