Equityworld_MedanEmas berjangka mengalami lonjakan terbesar dalam enam minggu di New York setelah tanda-tanda meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia memicu permintaan untuk logam mulia sebagai safe haven.
 
NATO mengatakan adanya risiko bahwa pihak Rusia akan mengirim pasukannya ke Ukraina di bawah ‘dalih’ misi kemanusiaan atau pun penjaga perdamaian setelah Presiden Vladimir Putin mengumpulkan tentara di perbatasan barat negaranya. Indeks ekuitas MSCI All-Country World turun sebanyak 0,7 persen setelah Italia tiba-tiba tergelincir kembali ke dalam resesi.
 
Harga emas naik 8,8 persen dalam tahun ini akibat ketegangan di Eropa Timur dan kekerasan di Timur Tengah memperbaruhi minat investor dalam logam. Reli dalam tahun 2014 menduduki keuntungan yang luas untuk indeks saham, obligasi dan komoditas. Bulan lalu, ETP berbasis logam mengalami kenaikan terbesar sejak November 2012.
 
Di Comex, emas berjangka untuk pengiriman Desember naik 1,8 persen untuk menetap di level $ 1,308.20 per ons pada pukul 1:38 sore di New York, kenaikan terbesar untuk kontrak teraktif sejak 19 Juni. Harga emas mencapai level $ 1.311 hari ini, yang merupakan level tertinggi sejak 29 Juli yang lalu.
 
Logam turun 28 persen pada tahun 2013, yang terbesar dalam tiga dekade terakghir, setelah beberapa investor kehilangan kepercayaan dalam logam sebagai penyimpan nilai di tengah reli ekuitas dan setelah inflasi tetap diredam.(frk)
 
Sumber : Bloomberg