Kita memulai 2016 dengan reli harga emas yang kuat. Hal itu berlangsung sampai hampir 6 bulan sebelum harga mulai bergerak stabil. Seperti tren lainnya dalam pasar, harga emas dengan cepat memasuki fase ˜perlambatan™ tepat di saat semua orang mulai beralih ke logam ini.

Pemilihan Presiden, begitu juga dengan faktor-faktor lainnya, akan terus mempengaruhi harga emas pada 2017. Namun, sebelum anda melihat ke perkiraan harga emas, mari kita lihat lebih dekat ke beberapa faktor utama yang mempengaruhi harga emas sepanjang tahun 2016.

Dolar AS dan Ekonomi Cina

Cina dengan cepat menjadi kekuatan dominan di pasar global. Apabila anda melihat dengan cermat pada City Index metals futures CFDs. hampir semua komoditas terpengaruh oleh berita yang datang dari Cina. Ekonomi yang kuat juga menjadi penggerak yang signifikan untuk banyak perubahan di pasar.

Pada 2016, speculator dan investor Cina beralih ke komoditas, khususnya logam, untuk melakukan lindung nilai dari investasi lainnya dan mempertahankan nilai dari portofolio mereka. Pasar logam CFD telah didorong setidaknya sejauh 20% selama beberapa bulan terakhir. Emas sedang menikmati dorongan terbesar.

Di sisi lainnya, pasar AS masih menjadi salah satu faktor yang menentukan untuk dicermati sebelum berinvestasi dalam emas. Seiring dengan menurunnya nilai dolar AS, kita melihat berkurangnya volatilitas dari pasar emas dan untuk harga sendiri akan turun. Hal ini membuat komoditas menjadi investasi yang lebih aman dari sebelumnya. Harga emas akan bergerak pararel terhadap harga dolar AS.

Hutang AS dan Inflasi

Hutang AS menjadi salah satu faktor menentukkan lainnya yang kita tidak bisa abaikan. Seiring meningkatnya hutang ke tingkat yang belum pernah dicapai hanya untuk tahun lalu saja, beban yang harus dibawa perekonomian AS menjadi lebih besar dari sebelumnya. Kreditur Amerika akan perlu untuk menjadi jauh lebih meyakinkan bagi para debitur guna mendapatkan pembiayaan yang mereka butuhkan. Negara-negara melihat obligasi AS sebagai hal yang kurang menarik dan mereka mungkin akan berakhir untuk beralih ke opsi investasi yang lebih jelas.

Hutang, bersama dengan PNP/PDB, tingkat pengangguran, penjualan rumah, ritel, dan indeks manufaktur, serta parameter lainnya merupakan sinyal yang menggambarkan kesehatan dalam ekonomi AS. Semakin tingginya tingkat inflasi, semakin banyak pula orang yang akan beralih ke pasar komoditas untuk tujuan manajemen resiko dan investasi yang lebih aman. Faktor-faktor tersebut memiliki potensi untuk mendorong ke atas harga emas lebih jauh.

Perubahan baru baru ini dan perkiraan 2017

Yang terakhir, kita memiliki kenaikan suku bunga Fed baru-baru ini dan bagaimana hal itu memicu penurunan harga emas pada bulan Oktober. Meskipun banyak orang yang percaya bahwa tren tersebut akan berlanjut seiring kita memasuki tahun 2017, terdapat hal lainnya untuk hal tersebut. Pasca pilpres AS dan dengan pernyataan presiden terpilih AS Donald Trump baru baru ini, maka akan menjadi tepat untuk mengatakan bahwa tidak butuh waktu lama untuk harga emas bergerak naik.

Emas masih merupakan investasi yang aman secara umum. Meskipun demikian, 2017 akan menjadi tahun yang menarik untuk komoditas. Apabila tren 2016 terulang, kita mungkin akan melihat harga emas menyentuh level tertinggi terbaru dan pasar untuk emas dan logam CFDs lainnya menjadi lebih hidup dari sebelumnya. (sdm)

Sumber: goldsilverworlds

Equityworld Futures