Emas Tertahan di Dekat Level 5 Tahun Terkait Laporan Pertemuan FedEquityworld Futures Medan : Emas mempertahankan posisinya di dekat lima tahun terendah setelah laporan dari pertemuan terakhir Federal Reserve memperkuat prospek kenaikan suku bunga bulan depan.

Bullion untuk pengiriman segera naik 0,3 persen ke level $ 1,073.75 pada pukul 8:18 pagi waktu Singapura, menurut harga publik Bloomberg. Logam jatuh ke level $ 1,064.55 pada hari Rabu, atau yang terendah sejak Februari 2010.

Emas menuju kerugian tahunan ketiga terkait meningkatnya harapan bahwa pertumbuhan ekonomi AS akan membuat para pembuat kebijakan untuk menaikkan biaya pinjaman, yang membatasi daya tarik emas karena ketidakmampuannya membayar bunga. Dalam pernyataan setelah pertemuan Oktober mereka, para pembuat kebijakan Fed menegaskan bahwa mereka akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga pada pertemuan berikutnya mereka pada 15-16 Desember. Gubernur bank sentral menekankan bahwa “mungkin menjadi hal yang tepat” untuk menaikkan suku bunga acuan pinjaman pada bulan Desember, menurut laporan yang dirilis Rabu.

Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak greenback terhadap 10 rekan-rekannya, melemah 0,2 persen pada hari Kamis setelah mencapai level tertinggi dalam lebih dari satu dekade di hari sebelumnya. Bullion, yang cenderung bergerak berlawanan dengan dolar, berada 9,2 persen lebih rendah pada tahun 2015 dibandingkan keuntungan 9,1 persen dolar. (sdm)

Sumber: Bloomberg