Equityworld_MedanEmas turun untuk hari kedua karena outlook ekonomi AS meningkatkan ketegangan di Ukraina. Sementara perak jatuh ke level terendah dua bulan, sedangkan paladium turun dari level tertinggi dalam lebih dari 13 tahun terakhir.

Emas untuk pengiriman segera turun sebanyak 0,4% ke level $ 1,299.16 per ons, dan diperdagangkan di level $ 1,299.96 pada 8:33 pagi  di Singapura. Logam mulia pada 15 Agustus turun 0,7%, yang tertajam sejak 31 Juli, membukukan penurunan mingguan. Spot palladium naik ke level $ 895,55 per ons, harga tertinggi sejak Februari 2001 silam, sebelum mengalami penurunan.

Bullion reli sebesar 8,2% tahun ini, meskipun pihak The Fed yang memangkas stimulunyas, sebagian masih terkait ketegangan di Ukraina dan Timur Tengah. The Fed, yang telah mempertahankan suku bunga pinjaman acuan mendekati nol persen sejak Desember 2008, risalah rapat ini pada bulan Juli akan rilis pekan, ketika memamngkas pembelian aset untuk keenam kalinya. Sebuah laporan pekan lalu menunjukkan produksi industri AS meningkat, menambah tanda-tanda bahwa pemulihan mendapatkan traksi.

Data pekan ini mungkin menunjukkan penjualan rumah yang sebelumnya  mendekati delapan bulan pada bulan Juli. Ketua The Fed Janet Yellen dijadwalkan untuk berbicara pekan ini pada konferensi gubernur bank sentral di Jackson Hole, Wyoming.(yds)

Sumber: Bloomberg