Equityworld_MedanEmas turun ke level 2 bulan terendahnya, memperpanjang penurunan dalam 2 pekan terakhir, akibat para investor mengkaji apakah ekonomi AS cukup kuat bagi Federal Reserve guna menaikkan suku bunga. Sementara perak turun ke level terendahnya dalam lebih dari 10 pekan terakhir.

Bullion untuk pengiirman segera turun sebesar 0.5% ke level $1,274.45 per ounce dan diperdagangkan pada level $1,277.80 pukul 9:06 pagi waktu Singapura, menurut harga dari Bloomberg. Tangal 21 Agustus lalu emas turun ke level $1,273.14, level terendah sejak 18 Juni lalu, setelah hasil pertemuan The Fed memberikan sinyal bahwa duku bunga akan dinaikkan lebih cepat dari yang diperkirakan sebelumnya.

Emas di Comex, New York belum diperdagangkan setelah CME Group Inc., bursa berjangka terbesar di dunia tersebut, menghentikan semua pasar perdagangan elektroniknya Globex kecuali pada indeks berjangka ekuitas Malaysia, menurut website CME.

Tanggal 22 Agustus lalu Ketua The Fed Janet Yellen menyatakan bahwa para pembuat kebijakan harus yakin ekonomi AS berada pada pijakan yang kokoh sebelum suku bunga dinaikkan dan perdebatan sedang mengarah ke kapan stimulus dihentikan. Spekulasi bahwa bank sentral AS akan memangkas stimulus sejalan dengan pemulihan ekonomi yang menyebabkan tahun lalu emas turun sebesar 28%. Sementara suku bunga telah bergerak mendekati 0 sejak Desember 2008 lalu, The Fed telah memangkas pembelian obligasi bulanannya di setiap pertemuannya. (bgs)

Sumber : Bloomberg