Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Emas berjangka melemah untuk ketiga kalinya dalam empat sesi akibat kekhawatiran bahwa para pembuat kebijakan AS akan menaikkan suku bunga di tengah tanda-tanda pertumbuhan ekonomi.

Penjualan koin emas American Eagle oleh U.S. Mint turun 11% bulan lalu dari tahun sebelumnya. Data yang akan dirilis 6 Februari diprediksi akan menunjukkan pengusaha AS menambahkan 230.000 pekerja pada bulan lalu, menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg.

Sebuah pernyataan dari Federal Reserve pada 28 Januari yang dikutip ‘solid-nya’ pertumbuhan ekonomi AS meredam spekulasi bahwa bank sentral akan menunda menaikkan suku bunga. Keesokan harinya, emas anjlok 2,4%, yang merupakan penurunan terbesar sejak Desember 2013. Logam tersebut melonjak 8% pada Januari setelah para pejabat di Eropa dan Asia mengumumkan stimulus untuk meningkatkan perekonomian yang stagnan.

Emas berjangka untuk pengiriman April turun 0,2% untuk menetap di level $ 1,276.90 per ons pada pukul 1:58 siang di Comex New York. Agregat volume adalah 33% di bawah rata-rata 100 hari, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Logam memangkas kerugian sebanyak 1% setelah Institute for Supply Management (ISM) mengatakan indeks manufaktur AS turun menjadi 53,5 pada bulan Januari dari 55,1 pada bulan Desember, menandai pelemahan di pasar global menahan output dari pabrikan AS.(frk)

Sumber : Bloomberg