Equity World –

Jika membayangkan salon, umumnya kita membayangkan salon perawatan rambut untuk wanita atau tempat cukur bergaya barber shop untuk pria. Kebanyakan tips bisnis pun biasanya menyasar pembukaan salon untuk pria, wanita dan salon khusus pengantin. Akan tetapi, pernahkah Anda melihat salon yang memang dikhususkan untuk anak-anak? Biasanya jarang sekali, padahal kebutuhan perawatan rambut juga bisa dimiliki anak-anak. Saat ini, ada salon khusus anak-anak di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta, namun biasanya tak banyak salon sejenis ini yang kita lihat.

 

Banyak orang menganggap remeh potensi bisnis membuka salon dengan pelanggan khusus anak-anak, padahal anak-anak pun bisa menjadi pelanggan potensial sebuah salon. Selain memastikan kebersihan dan keindahan rambut anak, banyak anak yang sudah paham ‘mode’ dan menginginkan model rambut seperti aktor, atlet atau penyanyi yang sering mereka lihat. Membawa anak untuk menata rambut pun sudah menjadi mode di kalangan orang tua sehingga Anda bisa memanfaatkan peluang ini.

Membuka salon adalah bisnis yang memerlukan modal cukup besar serta keterampilan (atau tenaga terampil) apalagi untuk salon khusus seperti salon anak-anak. Pastikan Anda mengikuti tips bisnis berikut ini untuk membuka salon khusus anak yang sukses.

Pahami Karakter Anak-anak

 

Pelanggan salon khusus anak memiliki karakter yang berbeda dengan salon orang dewasa. Jika orang dewasa bisa cukup sabar untuk duduk tenang sembari menunggu rambut mereka dicukur dan ditata, anak-anak tidak memiliki kesabaran tersebut. Mereka akan bergerak-gerak gelisah, merengek, ingin pindah tempat duduk atau semacamnya dan bahkan menangis. Karakteristik ini harus dipahami bagi Anda yang ingin membuka bisnis salon khusus anak; memahami ciri khas utama pelanggan yang disasar adalah tips bisnis yang utama dalam bidang jasa seperti salon.

Menata Salon Sesuai Karakter Pelanggan

 

Pengelola salon khusus anak sebaiknya menata salonnya sehingga jauh lebih cocok untuk menerima pelanggan anak-anak. Dengan desain yang ceria dan berwarna-warni, salon khusus anak harus bisa membuat pelanggan merasa senang dan nyaman meskipun harus duduk dalam waktu yang lama karena rambut mereka sedang ditata.

Contoh ide dan tips bisnis penataan salon yang cocok untuk salon anak-anak adalah:

  • Cermin yang dibentuk dengan bentuk lucu seperti bentuk bunga atau hewan (bisa dipesan secara khusus), namun bentuk cermin sebaiknya juga tidak menyusahkan petugas salon yang sedang menata rambut si anak.
  • Tempat duduk yang dimodifikasi sehingga si anak bisa merasa bahwa ia sedang bermain, bukan duduk diam di kursi salon. Misalnya, ada salon yang memiliki tempat duduk berbentuk kokpit pesawat kecil atau mobil balap.
  • Salon yang ukurannya cukup luas sehingga anak tidak merasa sesak dan terganggu serta akhirnya menangis karena melihat ada banyak orang yang lalu-lalang dalam jarak dekat dengannya.
  • Tempat duduk untuk tamu yang menunggu, dengan bangku berbentuk lucu agar anak yang dibawa orang tuanya mengantri tidak gelisah saat menunggu.

Tips bisnis salon lainnya adalah anda bisa menaruh rak khusus berisi mainan dan buku bacaan agar anak-anak yang rambutnya sedang ditata maupun yang menunggu tidak merasa bosan.

 

Seleksi dan Pelatihan Pegawai

 

Pegawai salon Anda juga harus memiliki keahlian ekstra; bukan hanya dalam penataan rambut, namun juga dalam hal menata rambut dengan cara yang tak akan membuat anak-anak gelisah dan terganggu. Mereka harus memiliki kepribadian ramah dan bisa berinteraksi dengan anak-anak. Dengan demikian, si anak yang dipotong rambutnya akan merasa lebih nyaman dan tidak rewel, dan pemotongan rambut pun akan lebih lancar.

Pastikan Anda memahami tips bisnis ini dan merencanakan semuanya dengan baik sebelum membuka salon khusus anak-anak ini; karena modalnya besar, sebaiknya salon dikelola dengan baik sejak awal pembukaan.

 – Equity World