Equityworld Futures Medan : Euro diperdagangkan 0,8 persen dari level terendahnya dalam lima minggu terakhir saat  para pemimpin Eropa yang memberikan deadline sampai hari Minggu kepada Yunani untuk menghindari keluarnya Negara itu dari zona euro.

Mata uang tunggal tersebut melemah terhadap sebagian besar pasangan utamanya setelah Kanselir Jerman Angela  Merkel kemarin mengatakan bahwa dia tidak terlalu optimis. Kata Presiden Komisi Eropa, Jean-Claude Juncker, skenario keluarnya Yunani telah dipersiapkan secara rinci. Tolak ukur perubahan harga antisipasi dari  nilai tukar euro dolar melonjak menuju level tertinggi dalam tiga tahun terakhir.

Euro sedikit berubah pada level $ 1,1003 pukul 09:17 pagi waktu Tokyo. Mata uang itu jatuh sebesar 1,3 persen pada Selasa kemarin ke $ 1,0916, yang menjadi level terendah sejak 2 Juni sebelum akhirnya pulih ke posisi $ 1,1011 pada penutupan di New York.

Volatilitas tiga tahun, ukuran perubahan harga antisipasi dalam nilai tukar euro-dolar, naik untuk hari keempat  ke 12,36 persen, penutupan tertinggi  sejak Juni 2012.(sdm)

Sumber : Bloomberg