Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Hari ini tim SAR gabungan akan mengevakuasi ekor pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar Teluk Kumai, Pangkalanbun, Kalimantan Tengah. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat hari ini cuaca di Kalimantan Tengah kurang bersahabat.

“Peringatan Dini Tanggal 09 Januari 2015, waspada hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kalimantan Tengah bagian Selatan dan Timur,” dikutip dari laman BMKG, Jumat (9/1).

Sedangkan di Pangkalanbun cuaca tidak jauh berbeda. Hujan ringan akan mengguyur wilayah tersebut. Suhu diperkirakan mencapai 24 hingga 33 derajat celcius. Sedangkan kelembapan udara berkisar antara 65 hingga 99 persen.

Sebelumnya, tim Basarnas mengumumkan penemuan bagian ekor AirAsia QZ 8501, Rabu (7/1) lalu. Menanggapi kabar ini, Komando Armada Wilayah Timur (Koarmatim) mengirimkan tim penyelam.

Kadislambair Koarmatim, Letkol Laut (T) Erwin C Gora mengatakan, tim penyelam yang diberangkatkan menuju Perairan Karimata, Pangkalanbun, Kalimantan Tengah itu, berasal dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmatim.

Para penyelam berangkat membawa alat khusus untuk mengangkat badan pesawat AirAsia QZ8501 dari dasar laut. Alat khusus tersebut bernama Lifting Bag, yang memiliki kemampuan mengangkat badan pesawat dengan berat lebih dari 110 ton.

Jumlah Lifting Bag yang dibawa antara lain, dua unit Lifting Bag 35 ton, 10 ton (3 unit), 5 ton (2 unit), 2 ton (1 unit) dan 500 kilogram (4 unit), serta beberapa pengikat, segel dan beberapa perlengkapan lainnya.

[cob]