Fed Pertahankan Tingkat Suku Bunga Tidak Berubah; Cermati Perkembangan GlobalEquityworld Futures Medan : Pejabat Federal Reserve mempertahankan suku bunga tidak berubah dan mengatakan mereka masih berharap untuk menaikkan biaya pinjaman pada kecepatan “bertahap” sambil mencermati bagaimana ekonomi global dan pasar akan berdampak pada prospek AS.

Komite Pasar Terbuka Federal “memantau perkembangan ekonomi dan keuangan global dan menilai implikasinya terhadap pasar tenaga kerja dan inflasi, dan untuk keseimbangan risiko untuk prospek,” kata bank sentral dalam sebuah pernyataan hari Rabu menyusul dua hari pertemuan di Washington. Fed menghilangkan garis dari pernyataan sebelumnya pada bulan Desember yang mengatakan bahwa risiko terhadap prospek “seimbang.”

Sejak Fed menaikkan suku bunga bulan lalu untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade, gejolak di pasar keuangan dan peredupan dari prospek pertumbuhan global telah mendorong investor untuk mengharapkan kenaikan yang bertahap dalam biaya pinjaman. Proyeksi median dari perkiraan para pembuat kebijakan ‘pada bulan Desember menyebutkan empat kenaikan tingkat suku bunga sebesar seperempat poin pada tahun 2016; pasar berjangka menunjukkan menjelang pernyataan FOMC yang pedagang prediksi hanya akan naik satu atau dua kali nanti.

Ketua Janet Yellen dan rekan Fed nya, menjelaskan keputusan dengan suara bulat mereka untuk mempertahankan kisaran target acuan suku bunga dana federal mereka dari 0,25 persen menjadi 0,5 persen, menurut informasi terbaru “menunjukkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja membaik bahkan di saat pertumbuhan ekonomi melambat pada akhir tahun lalu”.

Menegaskan kembali prospek suku bunga dari pernyataan Desember, FOMC mengatakan pada hari Rabu bahwa” mereka memperkirakan kondisi ekonomi akan berkembang dalam cara yang akan menjamin peningkatan dana suku bunga federal hanya  di dilakukan secara bertahap “. (sdm)

Sumber: Bloomberg