Geger Investor Kripto Salip Saham, Netizen: Saham 24 Jam dong

Bitcoin Dinilai Komoditas High Risk, Harus Siap Risiko Naik Turun Harganya  : Okezone EconomyPT Equityworld Futures Medan- Netizen atau warganet di Instagram ramai-ramai berkomentar soal tingginya jumlah pelanggan aset kripto (cryptocurrency) yang sudah menembus 4,2 juta saat ini, angkanya memang masih di bawah jumlah investor di pasar modal (saham, obligasi, reksa dana, dan produk lainnya) yang mencapai 4,5 juta.
Per Februari, berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah Single Investor Identification (SID) saham mencapai 2 juta akun atau tepatnya 2.001.288 akun. Angka ini naik 18,05% atau 306.020 SID dari akhir 2020 sejumlah 1,69 juta akun atau tepatnya 1.695.268 akun.

Sementara itu, berdasarkan data Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) jumlah investor aset kripto per akhir Februari mencapai 4,2 juta orang.

Di media sosial khususnya Instagram @CNBCIndonesia, para netizen mengungkapkan kegundahan sekaligus usulan-usulan yang ‘nyeleneh’ soal saham, bandar saham, hingga saran agar perdagangan pasar saham bisa 24 jam layaknya perdagangan bitcoin dan ‘mata uang’ kripto lainnya seperti ethereum, ripple, dogecoin, dan sebagainya.

Misalnya komentar datang dari @gudangsaham yang mengatakan, “tidak berniat menyumpahi, tapi kemungkinan besar ini adalah pertanda bubble.”

Akun @ali.oen, menyebut ada peralihan investor saham ke kripto. “Ini semua salahnya bandar… suka pom-pom dan nyangkutin ritel di pucuk [harga saham di posisi atas atau majal]. Kini kita pindah kripto rame-rame.. duit kita lebih aman disana.. bye bandar.”

Akun lainnya, @ibnuboe, menyebut ada fenomena ikut-ikutan yang begitu tinggi alias FOMO (fear of missing out, rasa takut tertinggal atau agar tidak kehilangan momentum). “FOMO nya kuat banged.”

Kemudian, warganet lainnya @imam_ghzz, mengatakan “di saham kalau ARA [auto reject atas] berkali-kali disuspend, giliran ARB [auto reject bawah] berkali-kali dibiarin [oleh Bursa Efek Indonesia], di crypto nggk ada kyak gitu.”

Lainnya, akun @maulaprojec, mengatakan “tanggal 14 April harga 1 BT [bitcoin] Rp 940 juta. Naik berita di mana-mana harga prediksi Rp 4,5 miliar per koin.. eh harga malah makin merosot. Hari ini [Selasa] harga 1BT Rp 850 juta.. Hahahaha lagu lama.. Kalau ada berita begini tahan-tahan dah.. Kena jebakan betmen.”

Akun @rayhanlexandra, memperingatkan, “awass nanti terjun bebas nangis….jangan sampai ada yng bunuh diri.”

Netizen @gariova juga mengatakan, “hayooo BEI manjakan terus bandarnya biar ritel pada pindah kripto.”

Selanjutnya, akun @azis459 mengusulkan agar perdagangan saham di BEI terus buka, bukan seperti saat ini Senin-Jumat ada sesi I dan sesi II. “Makannya saham buka dong 24jam 7 Hari biar bisa nyaingin kripto.”

Usul serupa disampaikan akun @yosafattbm, “karena crypto bisa transaksi 24 jam.”

Berikutnya ada saran dari @sipatokaan__, “saran aja buat IHSG manfaatin tu teknologi biar ngak ketingalan. Technology is the Future, Crypto.”

Selain itu ada @jeffribulo yang menjelaskan, “BEI kadang-kadang kebalik pikirannya..yuk nabung saham doang yangg gencar..undang investor masuk bursa..giliran investornya masuk mau cuan dihalangin dengan suspendnya.”

“Oiya BEI itu investornya hanya boleh jangka panjang sih..noway for trader..konsepnya sama sama SEC [United States Securities and Exchange Commission] dan BEI yaitu melindungi kepentingan investor publik.”

“Tapi aplikasinya terbalik…di US dan sebagian besar bursa besar dunia lainnya ga batasin kenaikan harga saham..yang di-suspend tuh kalau perusahaan nakal kaya ga nyampein LK [laporan keuangan] atau ada perkara material kaya PKPU/kepailitan..lah di BEI mah perusahaan kaya gitu masih bebas diperdagangkan, ampun deh.”

Baca: Bitcoin Crash, Investor Bakal Balik Borong Emas Lagi nih?
Atau akun @sg.investa yang berkomentar, “saya baru sebulan pindah investasi ke crypto, sebagian di saham saya jual untuk beli bebrapa coin crypto di binance, terus saya staking coin crypto nya dengan keuntungan per tahun bisa sampai 10 – 25 % per tahun… terus juga sebagian aset crypto saya Staking & farming pool di defi pancake swap..bisa dapet coin baru atau coin crypto yang sama dengan keuntungan bisa sampai 50% 100% lebih per tahun…. menyesal sekali kenapa tidak dari dulu invest ke crypto.”

Ada pula pesan menarik dari @hendra_aja, “ANDALAN NYA KOK BUBBLE, FOMO , NO FUNDAMENTAL. Saran saya Pelajari dulu biar mengerti tentang Crypto dan tidak hanya berkomentar miring tentang fenomena ini.”

“Di crypto Koin harga 50 rupiah masih berharga, Masih sangat terjangkau ritel. Apalagi banyak Crypto juga yang harganya masing di bawah 1 Rp per koin, Pembelian juga tidak memakai batasan LOT, sehingga terjangkau juga untuk retail ataupun pemula. Di Saham, emiten harga 50 rupiah sudah pasti saham gak layak di beli apalagi di invest.”

Baca: Catat! Bursa Khusus ‘Mata Uang’ Kripto Kelar Semester II-2021
Lucunya lagi ada yang sebut IHSG adalah Indeks Harga Saham Gorengan, bukan Indeks Harga Saham Gabungan, yakni akun @awankudo, “IHSG = Index saham GORENGAN, tinggalin saham.”

Satu lagi, akun @zhafer_alie, menyebut kripto haram. “Crypto itu ga jelas assetnya. Crypto iyu HARAM katanya.”

Kripto kini memang menjadi salah satu aset yang diminati kalangan investor. Bappebti mengemukakan aset kripto memang sebuah alat investasi yang relatif baru dan diperkirakan akan terus meningkat dalam beberapa tahun ke depan.

“Aset kripto merupakan alat investasi baru,” kata Kepala Bappebti Sidharta Utama dalam program Investime CNBC Indonesia, dikutip Selasa (20/4/2021).

Hanya saja Sidharta menambahkan kekhawatiran otoritas bursa terkait maraknya investor ritel yang beralih dari investasi di pasar modal ke kripto tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, kripto saat ini adalah alternatif alat investasi.

“Kekhawatiran itu saya kira tidak terlalu benar-benar terjadi,” jelasnya

Nilai transaksi aset kripto terus mengalami peningkatan di pasar keuangan domestik. Bahkan, nilai transaksi aset digital tersebut menembus angka Rp 1,5 triliun per hari.

“Data yang kami terima transaksi di aset kripto selama dua bulan pertama 2021 mencapai Rp 73 triliun. Ini selama dua bulan. Artinya per hari Rp 1,5 triliun,” kata Sidharta.

Adapun transaksi harian di pasar modal, khususnya pasar saham bisa mencapai rata-rata Rp 15 triliun per hari.

“Berdasarkan nilai transaksi aset kripto itu hanya sekitar 10% dibandingkan transaksi di bursa saham,” katanya.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, rata-rata nilai transaksi saham per hari, secara year to date, hingga perdagangan kemarin mencapai Rp 14,85 triliun.

Data tersebut, kata dia, menunjukkan bahwa nilai transaksi aset kripto masih jauh lebih rendah dibandingkan transaksi saham. Pun demikian jumlah investor di aset kripto yang sedikit lebih rendah.
Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan