GoogleGoogle pada hari Rabu lalu mengumumkan untuk membuat smartphone murah yang ditujukan untuk pasar negara berkembang sebagai bagian dari inisiatif yang disebut Android One.

Handset dengan dapur pacu Android itu akan dibuat dengan satu set fitur dasar termasuk radio FM, memiliki layar dibawah lima inci (12,7 cm) dan dijual dengan harga kurang dari $ 100, seperti dikatakan oleh wakil presiden senior Google, Sundar Pichai hari pertama konferensi tahunan pengembang teknologi raksasa.

‘Kami akan meluncurkannya di seluruh dunia, tetapi akan diluncurkan pertama kali di India pada musim gugur tahun ini,’ kata Pichai.

Dia menambahkan bahwa Google akan bekerja sama dengan operator di India untuk menyediakan paket layanan telekomunikasi smartphone, yang dapat mengakses Internet untuk pertama kalinya.

‘Ada miliaran orang yang pada kenyataannya  masih belum memiliki akses ke smartphone,’ katanya.

‘Kami ingin mengubah hal itu.’

Ponsel dengan biaya rendah yang didukung oleh Android telah terbukti populer di pasar Negara berkembang, tetapi menjengkelkan dalam hal ‘fragmentasi’ karena pembuat handset harus menyesuaikan perangkat lunak sesuai dengan hardware yang berbeda atau berusaha untuk selalu tampil beda dari saingan. (knc)

Sumber: AFP