Harga Emas Dunia Melesat, Tapi Kok Di Pegadaian Melemah?

Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

PT Equityworld Futures Medan- Harga emas acuan dunia ditutup rebound pada penutupan perdagangan Jumat (3/9/2021) waktu setempat, di mana harga emas dunia mencapai rekor tertingginya dalam dua bulan terakhir.
Pada perdagangan kemarin, harga emas acuan dunia menguat nyaris 1% atau lebih tepatnya melesat 0,93% ke level US$ 1.826,2/troy ons. Memang sejak Jumat pekan lalu, harga emas dunia sudah berkonsolidasi di atas US$ 1.800/troy ons.

Melesatnya harga emas dunia terjadi setelah rilis data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) yang sangat rendah pada periode Agustus tahun 2021.

Slip gaji per Agustus tercatat bertambah 235.000, atau jauh dari ekspektasi ekonom dalam polling Dow Jones yang memprediksi angka 720.000. Angka itu jauh dari capaian Juli yang mencapai 1,05 juta slip gaji.

Namun di tengah rebound-nya harga emas dunia pada perdagangan kemarin, harga emas acuan di Pegadaian pada Sabtu (4/9/2021) hari ini terpantau melemah.

Melansir data dari situs resmi Pegadaian, harga jual emas acuan kembali melemah ke level Rp 873.000/batang. Sementara harga beli juga melemah ke harga di Rp 846.000/batang.

Sementara itu untuk emas batangan, dari 3 jenis emas Antam dan emas UBS berbagai ukuran/satuan yang dijual Pegadaian, semuanya mengalami pelemahan pada hari ini.

Dari jenis emas antam standar, pada hari ini seluruh satuan di jenis emas ini mengalami pelemahan di kisaran 0,2%.

Selanjutnya ada emas Antam jenis retro. Emas batangan ini merupakan emas kemasan lama dimana emas dan sertifikatnya terpisah.

Emas Antam retro terakhir kali diproduksi pada tahun 2018. Emas retro juga merupakan jenis emas paling murah yang dijual Pegadaian, tersedia mulai satuan 0,5 gram hingga 100 gram.

Pada perdagangan hari ini, seluruh satuan di emas Antam retro juga tercatat mengalami pelemahan di kisaran 0,2%.

Kemudian emas yang paling mahal di Pegadaian, yakni emas Antam batik. Meski paling mahal, tetapi Pegadaian hanya menjual satuan 0,5 gram, 1 dan 8 gram saja.

Pergerakan emas Antam batik pada hari ini turut melemah di kisaran 0,16% hingga 0,19%.

Terakhir emas UBS, tersedia mulai satuan 0,5 gram hingga 1.000 gram, harganya juga mengalami pelemahan di kisaran 0,2%.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan

Tinggalkan Balasan