Harga Emas Dunia Melorot, Harga Emas Pegadaian Jadi Berapa?

Masyarakat mengunjungi bazzar emas di kantor pusat pegadaian, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (28/6/2019).

Setiap hari Jumat, Pegadaian selalu menyelenggarakan lelang emas. Biasanya, ada beberapa barang yang turut dilelang, seperti barang elektronik hingga kendaraan. 

Namun berdasarkan pantauan, yang paling dikerubungi adalah perhiasan emas dengan harga mencapai Rp 9 juta.

Meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap ekonomi membuat banyak orang menggadaikan barang berharga guna memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Pegadaian mencatat investasi masyarakat dalam bentuk emas mencapai 2,1 ton pada tahun lalu. Hingga kini, investasi tabungan emas sudah dimiliki 1,4 juta penabung. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)PT Equityworld Futures Medan- Harga emas dunia kembali turun di awal perdagangan Senin (24/8/2020), setelah mencatat pelemahan 2 pekan beruntun. Penurunan tersebut tentunya mempengaruhi harga jual emas batangan di dalam negeri, termasuk yang dijual di Pegadaian.

Harga emas dunia pada pagi ini melemah 0,26% ke US$ 1.934,29/troy ons di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Pada 2 pekan lalu, logam mulia ini ambrol 4,47%. Sementara pekan lalu, harga emas dunia mulai menurun sejak perdagangan Rabu, setelah menguat 2 hari beruntun. Total dalam sepekan mencatat pelemahan 0,22%.

Melansir data dari situs Pegadaian, harga emas Antam dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.102.000/batang. Ternyata dibandingkan Rabu lalu, sebelum libur Tahun Baru Hijriah dan cuti bersama, harga emas tersebut naik Rp 8.000 atau 0,73%.

Selain emas dunia, harga emas batangan di dalam negeri dipengaruhi faktor lain seperti kurs rupiah, dan tentunya supply-demand. Sehingga harga emas batangan dalam negeri tidak selalu mengekor harga emas dunia.

Masih melansir situs Pegadaian, harga emas Antam retro hari ini dibanderol Rp 1.027.000/batang untuk berat 1 gram, naik Rp 3.000 atau 0,29% dibandingkan harga Rabu lalu. Kenaikan tersebut lebih rendah dari emas Antam biasa, padahal biasanya harga emas Antam retro naik turunnya menjadi yang paling tinggi.

Emas Antam retro merupakan emas kemasan lama, dimana keping emas dan sertifikatnya terpisah. Emas retro ini terakhir kali diproduksi pada tahun 2018.

Sementara itu emas Antam batik, emas seri paling mahal diantara lainnya, hari ini dihargai Rp 1.230.000/batang dengan berat 1 gram, naik Rp 10.000 atau 0,82%. Pegadaian juga menjual emas batangan UBS, yang dibanderol Rp 1.075.000/batang dengan berat yang sama. Harga emas UBS naik Rp 7.000 atau 0,66% dibandingkan harga Rabu pekan lalu

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan