Equityworld_MedanHarga emas stabil karena pelaku pasar masih menimbang menguatnya dolar serta data Cina.

Di Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 1,216.90 sebuah troy ouce, naik 0,08%, setelah mencapai level terendah semalam di $ 1,208.90 dan tertinggi pada $ 1,221.00.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,214.04 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,207.85 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,216.67 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,220.23 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,226.42.

Semalam, emas berjangka membukukan keuntungan moderat setelah data perumahan AS yang mengecewakan.

The National Association of Realtors melaporkan bahwa penjualan rumah yang ada tiba-tiba turun 1,8% ke angka 5,05 juta unit pada bulan Agustus.

Para analis telah memperkirakan penjualan rumah yang ada naik 1% menjadi 5.20 juta unit, dan melemahnya data sedikit menekan greenback dan memberi ruang emas naik.

Dolar telah menguat dalam beberapa pekan terakhir karena pasar mempersiapkan kebijakan moneter yang ketat dari AS, sementara Eropa dan Jepang mengambil langkah-langkah untuk melonggarkan kebijakan untuk merangsang ekonomi mereka.

Sebelumnya Senin, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi mengatakan kegiatan ekonomi di zona euro telah melambat dan menambahkan kemungkinan terjadinya risiko penurunan lebih lanjut, meskipun dolar sedikit melemah pada sentimen mata uang AS.

Flash PMI HSBC Cina untuk bulan September secara tak terduga naik menjadi 50,5, di atas ekspektasi 50,0 dan di atas pembacaan pada bulan Agustus pada 50,2.

“HSBC China Manufacturing PMI naik menjadi 50,5 pada pembacaan flash untuk September, naik dari pembacaan akhir dari 50,2 pada Agustus, kata kepala ekonom HSBC China Qu Hongbin.

“Bervariasinya data, dengan pesanan baru dan pesanan ekspor baru terjadi beberapa perbaikan. Sementara itu, indeks tenaga kerja semakin menurun dan tekanan disinflasi meningkat. Kegiatan ekonomi di sektor manufaktur menunjukkan tanda-tanda stabilisasi pada bulan September. Namun, secara keseluruhan data masih menunjukkan ekspansi moderat. penurunan properti tetap risiko Kelemahan terbesar untuk pertumbuhan. Kami terus mengharapkan pelonggaran moneter yang lebih dari PBOC dalam rangka untuk menstabilkan pemulihan. ”

Perak untuk pengiriman Desember turun 0,04% pada $ 17,760 per troy ounce. Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,04% pada $ 3,042 per pon.