Equityworld_MedanHarga emas turun lagi di Asia pada Kamis, karena prospek kenaikan Federal Reserve suku bunga tahun depan membebani investor.

Di Comex New York Mercantile Exchange, emas berjangka untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $ 1,218.00 per troy ounce, turun 0,49%, setelah mencapai level terendah semalam di $ 1,228.40 dan tertinggi pada $ 1,239.90.

Semalam, harga emas turun karena pasar mencerna laporan Federal Reserve pada kebijakan moneter, dengan investor mempertanyakan tingkat dovish dari laporan tersebut.

The Federal Reserve sebelumnya mengatakan bahwa suku bunga acuan tidak berubah pada 0,00-0,25% dan menambahkan kemungkinan akan menutup program obligasi bulanan pada bulan Oktober.

Sebelum pernyataan kebijakan, The Fed melakukan pembelian senilai $ 25 miliar dalam utang Treasury dan sekuritas berbasis mortgage per bulan untuk merangsang ekonomi, langkah kebijakan moneter yang dikenal sebagai pelonggaran kuantitatif yang bertujuan untuk menekan suku bunga jangka panjang.

The Fed memutuskan sebelumnya untuk memangkas angka itu menjadi $ 15 miliar dan kemungkinan akan menutupnya pada pertemuan 28-29 Oktober nanti.

Kebijakan stimulus moneter cenderung meningkatkan harga emas, karena logam kuning berfungsi sebagai lindung nilai pada saat turunnya suku bunga dan melemahnya dolar.

Namun, The Fed menambahkan tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga karena masih menghadapi hambatan pada pasar tenaga kerja, ungkapan dovish yang akan mendukung logam mulia.

Emas juga jatuh karena investor yakin bahwa suku bunga masih tetap naik pada tahun 2015.

Harga emas kemungkinan akan bergerak menuju support di $ 1,217.81 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa harga emas bergerak ke bawah menuju support $ 1,209.01 per troy ounce. Sebaliknya waspadai jika harga emas tertahan kuat di area $ 1,221.31 per troy ounce dan muncul sinyal bullish di sekitar area tersebut membuka potensi harga akan bergerak ke atas menuju resistance $ 1,226.61 per troy ounce. Pecahnya area tersebut akan membawa emas bergerak ke atas menuju resistance berikutnya di $ 1,235.41.

Perak untuk pengiriman Desember turun 0,23% pada $ 18,493 per troy ounce. Tembaga berjangka untuk pengiriman Desember datar di $ 3,135 per pon.