HSBC-good3-620x310HSBC akan mengurangi separuh dari jumlah negara layanan operasionalnya setelah menjual portofolio dari aset perbankannya di Swiss, upaya terbaru untuk mempersempit fokus nya pada wealth management untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi risiko compliance.

HSBC, bank terbesar Eropa berdasarkan nilai pasarnya mengatakan bahwa bank swastanya telah melayani pelanggan dari sekitar 150 negara tapi sedang dikurangi menjadi sekitar 70 saja.

Sebagian besar dari pemangkasan ini yang akan dicapai melalui kesepakatan yang disepakati pada hari Selasa untuk menjual $ 12.5 milyar aset perbankan swasta Swiss ke bank terbesar Liechtenstein LGT Grup Foundation.

Aset tersebut dimiliki oleh nasabah di berbagai negara, termasuk di Eropa tengah dan timur, dan beberapa negara di Eropa barat, Afrika dan Amerika Latin sehingga HSBC menganggap itu menjadi tidak penting lagi secara strategis.

Chief Executive HSBC, Stuart Gulliver telah menjul dan menutup lebih dari 60 bisnis dalam tiga tahun terakhir karena merugi. Ia juga mengatakan bahwa bank itu terlalu rumit dan perlu disederhanakan.

Perampingan bank swasta ini sejalan dengan strategi grup yang lebih besar, kata HSBC.

Aset yang dijual ke LGT mewakili sekitar 3 persen dari aset private banking HSBC di bawah pengelolaan sekitar $ 382milyar pada akhir tahun 2013, dan sekitar 15 persen dari aset bank swasta Swiss yang sekitar 75 miliar franc Swiss ($ 83.8 milyar).

HSBC mengatakan bahwa pihaknya tetap berkomitmen kepada Swiss sebagai pusat internasional utama bagi bisnis private banking global.

Wealth management dapat menjadi bisnis yang memiliki tingkat return yang sangat tinggi, tetapi pelarangan penggelapan pajak dan aturan ketat kepatuhan di perbankan telah menempatkan pengawasan ketat pada bisnis ini.

Barclays tahun lalu menarik diri dari 130 negara di mana ia menawarkan wealth management, dan Credit Suisse juga memutuskan untuk keluar atau sebagian menarik diri dari 50 negara tahun lalu.

HSBC dan LGT mengatakan sekitar 70 staf akan ditransfer sebagai bagian dari kesepakatan. HSBC memiliki sekitar 1.400 di bank swasta Swiss. (vck)

Sumber: Reuters