Equityworld_medanIndeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sudah berada dalam tren turun jangka pendek-menengah menuju zona konsolidasi. Adapun zona konsolidasi, diekspektasikan akan terjadi di sekitar level 4.848.

Head of Research KSK Financial Group, David Cornelis, menilai pelemahan IHSG hanya sementara, masih dalam sebuah siklus koreksi yang wajar. Menurutnya, IHSG akan menguat November dan akan naik hingga Window Dressing di akhir tahun dan dilanjutkan adanya January Effect di awal tahun berikutnya.

“Pekan ini IHSG berpotensi akan melakukan gerakan ‘lompatan kucing mati’ dalam dinamika jangka pendek,” kata dia dalam riset hariannya, Senin (13/10/2014).

Dia menjelaskan, lompatan kucing mati adalah pemulihan sementara dengan membal secara teknis setelah penurunan substansial sebesar 4,5 persen di awal Oktober kemarin. “IHSG mencoba menutup lubang atas terdekat yang terbuka hingga 4.994,” tambah dia.

Menurutnya, gerakan lompatan kucing mati adalah sebagai pola kelanjutan dari tren turun saat ini, sesaat terlihat seperti pola pembalikan, namun setelah itu IHSG cenderung melampaui titik terendah sebelumnya di 4.933, menuju tingkat dukungan jangka menengahnya di level 4.848.

“Kesempatan yang baik bagi pemain jangka pendek memanfaatkan membalnya IHSG terlebih dahulu setidaknya ke level psikologis 5.000,” katanya.

Meski demikian, dia melihat pelaku pasar dapat memanfaatkan gerakan ayunan temporer IHSG ke atas saat “ini. Tingkat dukungan pekan ini ada di 4.848 hingga tingkat tahanannya di 5.025,” tukas dia.
(mrt)