Indeks Berjangka Eropa Menguat Diikuti Saham HK; Emas TurunEquityworld Futures Medan : Bursa saham Hong Kong rebound dari penurunan kuartalan terbesar dalam 4 tahun terakhir, mengirim indeks berjangka Eropa menguat, China meningkatkan dukungan yang ditargetkan untuk pertumbuhan ekonomi. Sementara emas menuju penurunan mingguan terbesar dalam 2 bulan terakhir sebelum laporan payrolls AS yang dapat membantu menentukan kapan Federal Reserve meningkatkan suku bunga.

Perusahaan pembuat mobil dan pengembang memimpin kenaikan pada Indeks Hang Seng China Enterprises setelah China memangkas persyaratan hipotek dan pajak kendaraan, sementara saham operator kasino melonjak setelah sebuah laporan pemerintah mendukung langkah-langkah pariwisata di Macau. Indeks Euro Stoxx 50 berjangka naik sedangkan saham AS berfluktuasi. Emas turun jelang laporan payrolls AS untuk bulan September. Mata uang ringgit Malaysia jatuh di tengah kekhawatiran atas kesejahteraan ekonomi negaranya. Minyak mentah AS naik kembali di atas $ 45 per barel.

Investor akan mengamati laporan pekerjaan AS yang akan dirilis Jumat ini memberikan sinyal bahwa ekonomi bersiap untuk kenaikan suku bunga pada tahun 2015, seiring serangkaian penegasan dari Ketua The Fed Janet Yellen. Kemungkinan kenaikan akan terjadi pada bulan ini atau di bawah 20 % sejak para pembuat kebijakan memutuskan untuk mengadakan pertemuan terakhir mereka, pelemahan tingkat inflasi dan risiko untuk pertumbuhan global yang berasal dari China.

Kontrak pada Indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir pada bulan Desember naik 1 % ke level 3.090 pada pukul 7:17 pagi waktu London. Saham kemarin jatuh, seiring memburuknya laporan indeks manufaktur AS pada bulan September. (knc)

Sumber : Bloomberg