Equityworld_MedanIndeks Berjangka Eropa Menguat akibat para investor berspekulasi bahwa bank sentral Eropa akan menaikkan stimulus pada pertemuannya pekan ini. Sementara itu, Indeks Berjangka AS dan Bursa Saham Asia menguat.

Kontrak berjangka pada Indeks Euro Stoxx 50 yang akan berakhir September ini menguat sebesar 0.4% ke level 3,191 pukul 7:13 pagi waktu London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 London catat gain sebesar 0.3%. Kontrak pada Indeks Standard & Poor 500 menguat sebesar 0.2%, sementara Indeks MSCI Asia Pacific catat gain sebesar 0.7%.

Stimulus bank sentral telah menopang Indeks Stoxx Europe 600 reli sebesar 60% dari level terendahnya di September 2011 silam. Sejak menjabat pada November lalu, Presiden ECB (European Central Bank) Mario Draghi telah berkomitmen untuk mempertahankan bunga pinjaman pada level terendahnya dan menyatakan pada Juli 2012 lalu bahwa dia akan melakukan apapun guna menyelamatkan Zona Eropa. Sementara Juni di tahun ini, ECB menetapkan suku bunga deposito menjadi negatif untuk pertama kalinya dan memangkas acuan suku bunganya ke rekor terendahnya sebesar 0.15%. Pertemuan ECB tanggal 4 September mendatang akan membahas kebijakan moneter.

Sementara di AS, rilis laporan pukul 10 pagi ini waktu Washington diperkirakan akan menunjukkan pesanan pabrik Juli lalu naik sebesar 11%, dibandingkan dengan kenaikan 1.1% pada Juni lalu, menurut perkiraan rata-rata dari survey para ekonom oleh Bloomberg News. Federal Reserve akan merilis ulasan Beige Book terkait kondisi ekonomi regional pukul 2 siang ini waktu Washington. (bgs)

Sumber : Bloomberg