bursa-eropa014Indeks saham berjangka Eropa dibuka turun, mengindikasikan bahwa ekuitas di kawasan tersebut akan turun untuk hari kedua jelang laporan produksi industry di AS. Indeks berjangka AS dan saham Asia juga terkoreksi sore ini.

Diantara saham yang akan mengalami fluktuasi; Alstom SA setelah Siemens AG mengatakan sedang mempersiapkan penawaran akuisisi untuk unit energy perusahaan tersebut. Sulzer AG setelah pembuat pompa asal Swiss tersebut setuju untuk membeli Grayson Amature Large Motor Division Inc. dan Grayson Amature Orange Texas Inc. sebesar US$ 42 juta. Indeks untuk perusahaan energi Eropa diprediksi berfluktuasi setelah harga minyak global terus meningkat.

Indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir bulan ini turun 0,4 persen ke level 3.271 pada 07:23 pagi di London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 turun 0,3 persen. Indeks Stoxx Europe 600 tergelincir pada pekan lalu, menghentikan gain dalam delapan minggu terakhir seetelah penjualan ritel AS tumbuh lebih lambat dari perkiraan dan lebih banyak warga Amerika dari yang diperkirakan mengajukan tunjangan pengangguran. Standard & Poor 500 berjangka turun 0,2 persen pada hari ini, sementara indeks MSCI Asia Pacific melemah 0,2 persen.

Di AS, laporan Federal Reserve pada pukul 9:15 pagi waktu Washington akan menunjukkan bahwa produksi industri naik 0,5 persen pada bulan Mei, menurut ekonom yang disurvei oleh Bloomberg. Produksi industri AS turun 0,6 persen pada bulan April.

Sebuah rilis terpisah dari The Fed New York pada pukul 8:30 pagi waktu setempat juga akan menunjukkan bahwa indeks manufaktur di wilayah New York turun ke angka 15 pada bulan Juni, dari 19,01 pada bulan Mei, menurut ekonom dalam survei Bloomberg News.(frk)

Sumber: Bloomberg