EIndeks Kepercayaan Bisnis di Jerman Naik Seiring Menguatnya Ekonomiquityworld Futures Medan : Kepercayaan bisnis Jerman secara tak terduga meningkat, seiring tanda-tanda bahwa pertumbuhan ekonomi terbesar di Eropa cukup kuat untuk menopang risiko termasuk perlambatan ekonomi global karena skandal emisi Volkswagen AG.

Indeks bisnis institute Ifo naik ke angka 109 pada bulan November dari sebelumnya di angka 108,2 pada Oktober. Perkiraan para ekonom yang disurvei oleh Bloomberg adalah indek tersebut tetap tidak berubah. Ifo mengatakan terjadi serangan teror di Paris tidak berdampak negatif pada data survei.

Perusahaan Jerman berjuang untuk mengatasi pelambatan ekonomi global, skandal lokal di produsen mobil terbesar, krisis pengungsi, dan ancaman bagi kepercayaan konsumen di zona euro pasca terjadinya serangan terrorist di Paris dan penyanderaan di Brussels. Meski begitu, tingkat pengangguran dan tingkat suku bunga tetap berada pada rekor yang rendah mendukung permintaan domestik dalam perekonomian terbesar di Eropa, dan stimulus lebih kemungkinan akan dilakukan terkait Bank Sentral Eropa mempertimbangkan apakah untuk memudahkan kebijakan moneter lebih lanjut.

Data sebelumnya pada hari Selasa menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi Jerman pada kuartal terakhir dipimpin oleh konsumsi domestik karena investasi dan perdagangan bersih.

Belanja pribadi meningkat 0,6 % dalam 3 bulan terakhir hingga September, menurut data yang dirilis Kantor Statistik Federal di Wiesbaden, Selasa. Sektor ekspor naik 0,2 % sedangkan impor melonjak 1,1 %, dan investasi modal menyusut sebesar 0,3 %. Ekonomi tumbuh 0,3 %, sesuai dengan perkiraan pada 13 November lalu.

Adanya permasalahan yang berasal dari perlambatan pasar berkembang, yang dipicu oleh China karena mencoba untuk mengurangi ketergantungan pada investasi dan ekspor. Jerman adalah mitra dagang tahun lalu terbesar ketiga.

Memburuknya suasana, terkait skandal perusahaan Volkswagen karena uji emisi masih meluas hingga lebih dari 2 bulan terakhir setelah terjadinya kecurangan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. AS Environmental Protection Agency dan California Air Resources Board sekarang menjadi menyelidik Volkswagen, Audi dan Porsche model dengan mesin diesel 3.0-liter model tahun 2009, setelah awalnya berfokus pada versi yang lebih baru. (knc)

Sumber : Bloomberg