Indeks Manufaktur China Stabil Dekati Level 3 Tahun Terendahequityworld Futures Medan : Indeks manufaktur China stabil berada di level terendah dalam 3 tahun terakhir seiring langkah-langkah stimulus pemerintah yang menunjukkan tanda-tanda akan membantu untuk menstabilkan penurunan di sektor manufaktur.

Indeks pembelian manajer (PMI) resmi naik ke angka 49,8 pada bulan September, menurut data dari Biro Statistik Nasional pada hari Kamis, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata yang disurvei oleh Bloomberg di angka 49,7, sama dengan bulan Agustus. Angka dibawah 50 menunjukkan kontraksi.

Laporan tersebut menandakan bahwa pemangkasan suku bunga bank sentral kelima sejak November lalu dan pemerintah melepaskan putaran baru dari belanja infrastruktur yang mendapatkan daya tarik, membantu untuk melindungi ekonomi terbesar kedua di dunia.

“Dengan pelonggaran kebijakan yang berkelanjutan, perekonomian China secara bertahap akan stabil,” menurut Xu Gao, ketua ekonom China dengan Everbright Securities Co di Beijing, yang menulis dalam sebuah catatan kepada klien sebelum laporan. Xu mengatakan ia mengharapkan pertumbuhan ekonomi mengalami “peningkatan yang jelas” pada kuartal keempat. (knc)

Sumber : Bloomberg