Indeks Official PMI Manufaktur Cina Merosot pada bulan NovemberEquityworld Futures Medan : Indikator resmi pertama China untuk bulan November mengisyaratkan bahwa kondisi manufaktur masih memburuk seiring kelesuan menambah risiko yang dihadapi untuk target pertumbuhan 2015 nasional.

Indeks pembelian manajer resmi merosot ke angka 49,6 bulan lalu, Biro Statistik Nasional mengatakan pada hari Selasa. Angka itu dibandingkan dengan perkiraan median dari angka 49,8 dalam survei Bloomberg terhadap para ekonom, yang juga merupakan level untuk September dan Oktober. Non-manufaktur PMI berada di angka 53,6. Angka di bawah 50 menunjukkan penurunan.

Enam penurunan suku bunga bank sentral dalam satu tahun belum cukup untuk memacu pemulihan di bidang manufaktur. Tujuan utama Li Keqiang ini sekitar 7 persen ekspansi tahun ini cukup berisiko, bahkan dengan lapangan kerja yang telah terangkat berkat ketahanan dalam industri jasa.

“Sektor baja di China terus berada di bawah tekanan terkait kelebihan kapasitas serta penurunan permintaan yang berhubungan dengan anjloknya investasi properti,” menurut laporan terbaru oleh Liu Li-Gang, kepala ekonomi China dari Australia & New Zealand Banking Group Ltd di Hong Kong. (sdm)

Sumber: Bloomberg