Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Indeks saham berjangka China mendatar pasca indeks acuan Shanghai composite naik selama enam hari terakhir untuk mencapai level tertinggi sejak Mei 2008 lalu.

Kontrak pada indeks CSI 300 yang berakhir pada bulan April naik kurang dari 0,1 persen ke level  3.870 pukul 9:18 pagi waktu setempat. Saham Gree Electric Appliances Inc mungkin aktif setelah China Business News melaporkan perusahaan berencana untuk mulai membuat ponsel. Saham Maskapai mungkin bergerak pasca harga minyak mentah melonjak ke level tertinggi dalam tiga pekan terakhir kemarin di New York. Saham Tencent Holdings Ltd mungkin aktif setelah melaporkan lonjakan laba kuartalan sebesar 50 persen.

Indeks Shanghai Composite naik sebesar 2,1 persen ke level 3,577.30 pada hari Rabu kemarin pada perdagangan yang naik hampir dua kali lipat dari moving average 30-hari. Indeks itu telah naik sebesar 77 persen selama 12 bulan terakhir karena investor berspekulasi stimulus moneter akan menghidupkan kembali perekonomian dari perlambatan pertumbuhan yang telah melanda selama empat tahun terakhir.

Indeks CSI 300 naik sebesar 2,4 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong China Enterprises naik 1,2 persen, sedangkan indeks Hang Seng menguat sebesar 0,9 persen. Indeks saham Bloomberg China-AS naik 1,6 persen di New York pada Rabu kemarin.

Saham lapis kedua China, diperdagangkan pada rekor tertingginya pasca naik lebih dari empat kali lebih cepat dari pasar yang lebih luas tahun ini, harga saham menjadi terlalu mahal, menurut Aberdeen Asset Management. Indeks ChiNext bernilai 81 kali laporan laba, dibandingkan kelipatan dari sekitar 17 untuk kedua indeks Shanghai Composite dan CSI 300. (izr)

Sumber: Bloomberg