Equityworld Futures : Indeks saham berjangka Eropa stagnan karena investor mengamati perkembangan di Irak dan menunggu laporan tingkat kepercayaan konsumen AS. Indeks berjangka AS dan saham Asia juga mendatar.

Indeks Euro Stoxx 50 berjangka yang berakhir bulan ini tergelincir sebesar 0,2 persen ke level 3.280 pukul 07:07 di London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 turun sebesar 0,3 persen. Indeks Stoxx 600 ditutup sedikit berubah kemarin, seiring tingkat penjualan ritel AS tumbuh lebih lambat dari perkiraan dan tunjangan pengangguran Amerika diluar perkiraan. Indeks itu sedang menuju kenaikan sebesar 0,2 persen pekan ini. Indeks Standard & Poor 500 berjangka menguat sebesar 0,2 persen hari ini, sementara Indeks MSCI Asia Pacific Index tergelincir kurang dari 0,1 persen.

Meningkatnya kekerasan di Irak meningkatkan prospek gangguan lebih lanjut dalam produsen minyak terbesar kedua OPEC. Pemerintah Syiah yang dipimpin Perdana Menteri Nouri al-Maliki sedang berjuang untuk mempertahankan kontrol dari daerah yang dihuni oleh mayoritas kaum Sunni pasca unit pasukannya di Irak utara ambruk di tengah kemajuan ekstremis.

Presiden AS Barack Obama mengatakan dia tidak akan mengesampingkan menggunakan serangan udara untuk membantu pemerintah di Baghdad. Kelompok yang menyebut dirinya Negara Islam di Irak dan Levant, yang dikenal sebagai ISIL, merebut kota Mosul pada 11 Juni kemarin. (izr)

Sumber: Bloomberg