equityworld Futures Medan – Kepercayaan konsumen pada bulan September bertahan di tingkat terendah sejak April, terbatasi oleh bagian yang lebih kecil masyarakat Amerika yang melaporkan keuntungan pendapatan.

Indeks awal Universitas Michigan untuk sentimen tidak berubah di angka 89,8, menurut laporan Jumat. Median proyeksi dalam survei Bloomberg menyerukan pembacaan di angka90,6.

Pandangan konsumen dari kondisi ekonomi saat ini turun ke level terendah dalam hampir satu tahun, sementara rencana rumah tangga untuk membeli mobil dan barang-barang mahal lainnya menjadi lebih tergantung pada suku bunga rendah. Penjualan ritel jatuh pada bulan Agustus untuk pertama kalinya dalam lima bulan, mengisyaratkan rebound kecil dalam perekonomian kuartal ini.

“Konsumen melaporkan penilaian yang agak kurang menguntungkan dari keuangan mereka saat ini sebagian besar karena laporan tentang pendapatan yang meningkat,” Richard Curtin, direktur survei Michigan, mengatakan dalam sebuah pernyataan. Namun, “konsumen tetap cukup optimis tentang prospek ekonomi masa depan mereka.”

Estimasi dalam survei Bloomberg berkisar dari 88 sampai 93. Angka Jumat membandingkan dengan pembacaan rata-rata sentimen konsumen di angka 92,9 pada 2015 dan 91,5 pada delapan bulan pertama tahun ini.

Indeks kondisi saat ini, yang merupakan penilaian terhadap keadaan keuangan pribadi, turun menjadi 103,5, yang merupakan posisi terendah sejak Oktober, dari angka 107 pada bulan Agustus.

Di antara semua rumah tangga, 42 persen melaporkan peningkatan situasi keuangan mereka bulan ini, turun dari 49 persen pada tiga bulan lalu.

Indeks ekspektasi untuk enam bulan ke depan meningkat menjadi 81,1 dari 78,7 bulan lalu.

Ekspektasi inflasi untuk tahun berikutnya turun menjadi 2,3 persen dibandingkan dengan 2,5 persen pada Agustus. Selama lima sampai 10 tahun ke depan, Amerika mengharapkan harga naik 2,5 persen, sebanding dengan rekor rendah. (sdm)

Sumber: Bloomberg