Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Indeks Topix Jepang memperpanjang penguatan dalam enam tahun akibat pengembang mengalami reli terkait spekulasi bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe akan menunda kenaikan penjualan-pajak dan mengadakan pemilihan umum. Saham-saham memangkas gain di akhir hari.

Saham Mitsui Fudosan Co. naik 2,7%, Fujifilm Holdings Corp. melonjak 4,4% terkait data uji coba obat virus Ebola yang siap diajukan pada bulan Januari mendatang, Seino Holdings Co. melonjak 13% setelah mengumumkan buyback.

Indeks Topix naik 0,1% menjadi 1,377.05 pada penutupan perdagangan di Tokyo, level tertinggi sejak Juni 2008. Indeks tersebut menambahkan sebanyak 1,3% sebelum memangkas gain di tengah spekulasi pasar telah meningkat terlalu cepat setelah kenaikan 1,1% kemarin. Sekitar dua saham yang turun untuk setiap saham yang naik dalam indeks Topix hari ini, dengan volume 24% di atas rata-rata 30-hari. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,4% menjadi 17,197.05, memperpanjang level tertinggi dalam tujuh tahun.

Perdana Menteri Shinzo Abe kemungkinan akan menyerukan pemilihan umum pada 14 Desember mendatang, menurut dua orang dengan pengetahuan tentang strategi pemilu Partai Demokrat Liberal, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi pribadi. Abe mengatakan kemarin bahwa dia belum memutuskan apakah akan melanjutkan dengan mempercepat pemilihan umum. Hanya satu dari lima pemilih yang mendukung kenaikan pajak penjualan lagi setelah terjadi kenaikan pada bulan April yang lalu, menurut sebuah jajak pendapat yang dirilis 10 November oleh penyiar nasional NHK.(frk)

Sumber : Bloomberg