Equityworld_MedanIndeks Topix Jepang menguat, bersiap untuk menghapus penurunan untuk tahun 2014, seiring yen menyentuh level terendahnya sejak Januari lalu di tengah laporan para pendukung reformasi dana pensiun akan ditetapkan menteri yang mengawasi dana pensiun.

Indeks Topix naik sebesar 0,6 persen ke level 1,305.06 pada sesi 1 di Tokyo, mengantarkannya naik ke level terendahnya 14 April lalu sebesar 15 persen. Acuan saham tersebut mengalami kenaikan sebesar 0,2 persen sepanjang tahun 2014 ini. Indeks Nikkei 225 Stock Average naik sebesar 0,8 persen ke level  15,798.52. Perdana Menteri Shinzo Abe diperkirakan akan menunjuk Yasuhisa Shiozaki, seorang penganjur perubahan tentang bagaimana dana pensiun pemerintah sebesar $ 1.2 triliun dialokasikan, seiring menteri kesehatan pada kabinet akan di reshuffle hari ini, menurut media lokal. Sementara Yen melemah sebesar 0,1 persen ke level 105,19 per dolar setelah sebelumnya menyentuh level terendah sejak 10 Januari lalu.

Saham Honda Motor Co, yang mendapat lebih dari 80 persen dari penjualan di luar negeri, menguat sebesar 1,3 persen. Saham Renesas Electronics Corp melonjak sebesar 17 persen setelah perusahaan produsen semikonduktor mengatakan saham dana yang didukung pemerintah di perusahaan terlalu besar. Saham Yokogawa Electric Co menuju kenaikan terbesarnya dalam hampir enam tahun terakhir setelah Peringkat pembuat elektronik-komponen dibesarkan di JPMorgan Chase & Co. (knc)

Sumber : Bloomberg