Equityworld_MedanEquityworlf Futures Medan : Saham-saham Jepang jatuh, menyeret Indeks Topix menuju koreksi, pasca mata uang yen naik ke level tertingginya sejak April lalu dan penjualan ritel AS turun melebihi perkiraan.

Saham Toyota Motor Corp, yang mendapat 75 persen dari penjualan mobil di luar negeri, melemah sebesar 2 persen, yang merupakan hambatan terbesar pada Indeks Topix. Saham Japan Display Inc, perusahaan pembuat perangkat mobile layar untuk Apple Inc, anjlok sebesar 18 persen, menuju penutupan terendahnya, setelah sebelumnya memperkirakan penurunan. Saham Recruit Holdings Co, perusahaan penyedia pekerja jangka pendek terbesar di Jepang, melonjak sebesar 6,6 persen pada pembukaan perdagangannya setelah meningkat  dalam penjualan saham kedua terbesar di Jepang sebesar 197 miliar yen ($ 1.9 miliar) tahun ini.

Indeks Topix melemah sebesar 2,2 persen ke level 1,197.24 pada istirahat perdagangan di Tokyo. Penutupan pada tingkat ini akan melengkapi penurunan sekitar 11 persen dari level 6 tahun tertingginya pada 25 September lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average merosot sebesar 2,2 persen ke level 14,736.90 pada hari ini. (knc)

Sumber: Bloomberg