Equityworld_MedanSaham-saham Jepang naik, dengan indeks Topix menuju level tujuh bulan tertingginya, seiring yen melemah di tengah spekulasi politikus untuk mendukung reformasi pensiun yang akan ditunjuk sebagai menteri kesehatan.

Indeks Topix menguat sebesar 1,1 persen ke level 1,296.81 pada sesi 1 perdagangan di Tokyo, menuju penutupan tertingginya sejak 22 Januari lalu. Indeks Nikkei 225 Stock Average melonjak sebesar 1,3 persen ke level 15,676.98. Yasuhisa Shiozaki, seorang anggota parlemen menganjurkan bahwa Pensiun Investment Fund Pemerintah mengurangi ketergantungan pada obligasi dalam negeri dan merombak pemerintahan, Perdana Menteri Shinzo Abe besok mengumumkan kabinet barunya dapat menjadi menteri kesehatan, Kyodo News melaporkan. Kementerian Kesehatan mengawasi pensiun publik. Yen tergelincir sebesar 0,4 persen ke level 104,76 per dolar.

Saham Toyota Motor Corp, perusahaan produsen mobil terbesar dunia, naik sebesar 1,3 persen seiring yen melemah. Saham Murata Manufacturing Co, perusahaan pemasok suku cadang Apple Inc menguat sebesar 5 persen setelah melebihi dari target perusahaan di Credit Suisse Group AG. Saham Miura Co, perusahaan pembuat boiler industri, melonjak sebesar 2,8 persen setelah mengumumkan pemecahan nilai saham.

Bank of Japan (BOJ) diperkirakan akan mempertahankan kebijakan pada pertemuan dua hari mendatang. Pejabat BOJ mengharapkan perdana menteri untuk melanjutkan kenaikan pajak penjualan dalam dua tahun mendatang pasca meningkatnya pajak pada bulan April lalu untuk menjaga kepercayaan dalam keuangan pemerintah. (knc)

Sumber : Bloomberg