Penyedia layanan di Amerika diperluas melebihi perkiraan bulan lalu, didorong oleh peningkatan dalam pesanan yang bertepatan dengan kenaikan permintaan di pabrik-pabrik dalam negeri.

Institute for Supply Management mengatakan pada hari Kamis bahwa indeks non-manufaktur bertahan di 57,2 pada bulan Desember, tingkat tertinggi sejak Oktober 2015. Perkiraan rata-rata dalam survei Bloomberg menyerukan angka 56,8. Angka diatas 50 sinyal pertumbuhan dalam industri yang membentuk hampir 90 persen dari perekonomian.

Pemesanan dalam produsen jasa merupakan yang terkuat sejak Agustus 2015, membantu menjelaskan kenaikan dalam sentimen bisnis tentang perekonomian sejak pemilihan presiden bulan November lalu. Indeks kegiatan usaha ISM yang terkait dengan pelayanan, yang sejajar dengan output manufaktur, berada di dekat level tertinggi dalam lebih dari satu tahun terakhir.

Awal pekan ini, Tempe yang merupakan supply management group yang berbasis di Arizona, mengatakan bahwa indeks manufaktur mencapai level tertinggi dalam dua tahun pada bulan lalu, didukung oleh kenaikan bulanan terbesar dalam pertumbuhan pesanan sejak Agustus 2009.

Bersama-sama, laporan menunjukkan ekonomi akan mendapatkan momentum pada tahun 2017 setelah proyeksi di kuartal keempat melemah karena industri Amerika bersiap untuk perubahan dalam kepemimpinan pemerintahan. Presiden terpilih Donald Trump mengatakan ia berkeinginan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan angka perekrutan pekerja dengan mengenakan pengurangan pajak dan mengurangi peraturan.

Survei jasa ISM mencakup berbagai industri, termasuk ritel, perawatan kesehatan, pertanian dan konstruksi. Estimasi dalam survei Bloomberg berkisar dari 55 sampai 58. Angka di bulan Desember melebihi rata-rata 54,8 dari bulan Januari sampai November 2016. Ini sesuai dengan rata-rata untuk semua di tahun 2015.(frk)

Sumber: Bloomberg

Equity World