Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Inflasi Jerman bulan September lalu masih stabil pada level terendahnya, menurut rilis data dari German Federal Statistics Office pada hari Rabu ini, mempertegas ECB (European Central Bank) berada pada dibawah tekanan guna menambah stimulus untuk mendorong ekonomi Zona Eropa.

Tingkat inflasi tahunan pada ekonomi terbesar di Eropa tersebut yang diukur berdasarkan metode umum Uni Eropa, berada pada angka 0.8%, angka yang sama pada Agustus dan Juli lalu, menurut kantor statistik Destatis. Angka tidak berubah jika dibandingkan dengan bulan Agustus lalu.

Inflasi berdasarkan pada standar nasional, angak tidak berubah pada bulan itu dan lebih tinggi sebesar 0.8% terhadap perbandingan tahunan, menurut Destatis.

Pada perbandingan tahunan, harga energy September turun 2.2%, sementara harga makanan naik 0.9%, menurut Destatis.

Tingkat inflasi tahunan diluar ekonomi terbesar Eropa memberikan tekanan kepada ECB setelah rilis data inflasi zona Eropa masih dibawah target bank sentral jangka menengah yang dibawah 2%.

Rilis pembacaan awal data inflasi zona Eropa September lalu menunjukkan turun ke level terendahnya sejak Oktober 2009 lalu. Bulan September lalu inflasi tahunan berada pada angka 0.3% dan  16 Oktober mendatang diperkirakan akan sesuai dengan estimasi tersebut.

Presiden ECB Mario Draghi masih membuka peluang selama sepekan guna memberikan stimulus tambahan jika dirasa perlu.

Sementara itu, para politisi zona Eropa baru-baru ini meminta Jerman untuk mengambil tindakan guna mendorong perekonomiannya, akan tetapi pemerintah Jerman telah menolak permintaan tersebut guna mendorong belanja publik dan mundur dari komitmen keseimbangan anggaran ditengah banyaknya bukti-bukti akan pelambatan ekonomi dan mengancam resesi kembali di berbagai benua.

Kementerian ekonomi Jerman pada hari Selasa lalu menurunkan perkiraannya mengenai pertumbuhan ekonomi di tahun ini sebesar 1.2% dari perkiraan awal tahun sebesar 1.8% dan 1.3% untuk tahun 2015 dari 2% sebelumnya. (bgs)

Sumber : MarketWatch