Equity World Medan – Di awal pekan ini Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG) berhasil ditutup menguat 20,47 poin ke level 5.950,03. Investor asing juga kembali mencatatkan aksi beli sebesar Rp 372,24 miliar.

Bahkan, IHSG juga mencapai rekor kapitalisasi pasar sepanjang sejarah. “Hal ini juga karena adanya transaksi crossing saham,” ujar Kepala Riset MNC Sekuritas Edwin Sebayang sebagaimana dikutip dari Kontan.co.id, Senin (23/10/2017).

Lanjar Nafi, Analis Reliance Sekuritas, mengatakan, kembalinya investor asing ke pasar modal lokal juga membuat IHSG kembali sumringah. “Aksi beli asing sudah terlihat sejak akhir pekan lalu,” ujar dia.

Meski demikian, kenaikan IHSG harus tetap diwaspadai. Menurut Lanjar, IHSG berpotensi berbalik arah.

Lanjar memperkirakan IHSG hari ini akan tertekan di rentang 5.933–5.965. Saham yang layak dilirik di antaranya, ASII, ASRI, EXCL, MAPI, RALS, BRPT dan SMBR.

Sementara itu menurut Edwin, berdasarkan posisi indeks terakhir, pergerakan indeks telah membentuk pola three inside up.

“Ini mengindikasikan berlanjutnya penguatan pada hari Selasa,” jelas dia. Edwin memprediksi, pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak antara level support 5.943 dan resistance 5.985.

Sumber: Kompas.com

PT Equityworld Futures
EWF Medan