Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Kekalahan yang mengirim harga emas ke level terendah dalam empat tahun terakhir juga kejenuhan untuk keluar dari pasar, dengan rebound volatilitas yang memberikan beberapa investor lebih banyak alasan untuk menjual emas.

Volatilitas 30-hari logam mendekati angka tertinggi sejak Januari lalu, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Indeks bulan Oktober menyentuh level terendah sejak 2010 lalu, dengan sebgaian besar investor mengabaikan emas akibat tingginya ekuitas sepanjang tahun ini.

Kenaikan dipasar tenaga kerja AS dari fase bearish. Logam hapus kenaikan tahun 2014 sebelum Federal Reserve mengatakan akan menghentikan melakukan pembelian obligasi bulanannya. Penurunan dipercepat karena dolar naik ke level tertinggi dalam lima tahun terakhir terhadap sekeranjang 10 mata uang utama dan jatuh harga energi menandakan rendahnya laju inflasi. Dalam pekan yang berakhir 4 November, hedge fund memotong spekulasi emas net-bullish tertajam tahun ini, dan kepemilikan emas jangka pendek naik untuk pertama kalinya dalam satu bulan terakhir, data menunjukkan pemerintah AS baru-baru ini.

Emas berjangka untuk pengiriman Desember turun 0,3 persen untuk menetap di level $1,159.10 per ons pada pukul 1:40 di Comex di New York. Sebelumnya, harga emas naik sebesar 0,6 persen. Pada 7 November kemarin, logam menyentuh level $1,130.40, terendah untuk kontrak paling aktif sejak April 2010 lalu. (izr)

Sumber: Bloomberg