Equityworld_MedanIndeks Berjangka Eropa menguat, indeks ekuitas regional tersebut menuju gain bulanan pertama sejak Mei lalu, akibat para investor menilai konflik di Ukraina.

Presiden AS Barack Obama memperingatkan akan adanya biaya dan konsekuensi bagi Russia, menyatakan bahwa Rusia secara sengaja dan berulang-ulang menyerang kedaulatan Ukraina. Dia mengeluarkan solusi militer. Konflik diantara pasukan Ukrainia dan separatis pro-Russia di Ukraina Timur telah menewaskan lebih dari 2,000 tentara dalam 5 bulan terakhir.

Kontrak berjangka pada Indeks Euro Stoxx 50 yang berakhir September mendatang catat gain sebesar 0.2% ke level 3,169 pukul 7:22 pagi waktu London. Kontrak pada Indeks FTSE 100 London dan Indeks Standard & Poor 500 keduanya naik kurang dari 0.1%. Indeks MSCI Asia Pacific melemah 0.2%.

Pekan ini Indeks Stoxx Europe 600 telah mengalami kenaikan sebesar 1.3% setelah Presiden ECB (European Central Bank) Mario Draghi memberikan sinyal bahwa para pembuat kebijakan bersiap untuk memulai program pembelian obligasi. Agustus ini acuan ekuitas tersebut telah mengalami kenaikan sebesar 1.5%, setelah mencatat penurunan pada Juli dan Juni lalu. (bgs)

Sumber : Bloomberg