Equityworld_MedanJumlah izin pembangunan rumah di Australia yang diterbitkan menguat pada bulan Agustus sebesar 3 % dari bulan Juli, data pemerintah menunjukkan pada hari Kamis ini, penguatan gain dalam month-to-month sejak bulan Mei yang lalu.

Persetujuan bangunan naik 14,5 % dari tahun sebelumnya, Biro Statistik Australia mengatakan. Izin untuk membangun rumah turun 1,8 % dari bulan sebelumnya, sementara persetujuan untuk apartemen, townhouse dan tempat tinggal lainnya meningkat sebesar 9,6 %.

Pembangunan perumahan yang muncul sebagai salah satu dari beberapa bidang kekuatan dalam perekonomian selama lonjakan sumberdaya mereda. Bank sentral telah mempertahankan suku bunga pada rekor rendah sebesar 2,5 % selama lebih dari satu tahun dalam upaya untuk memacu aktivitas di daerah seperti ritel dan perumahan yang telah menyebabkan ekspansi sebelumnya.

Pada saat yang sama, para pembuat kebijakan khawatir tentang overheating pada sektor perumahan, yang mengarah ke investasi berisiko yang dapat menggagalkan pemulihan ekonomi yang rapuh.(frk)

Sumber : MarketWatch