Lega! Harga Emas Antam Akhirnya Naik Juga Rp 8.000/gram

Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)PT Equityworld Futures Medan-Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam akhirnya naik pada hari Kamis (27/8/2020).
Harga emas dunia yang melesat naik turut mengerek naik harga logam mulia di dalam negeri.

Berdasarkan data dari situs resmi logammulia.com, emas batangan dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.019.000/batang, naik Rp 8.000 atau 0,79% dibandingkan harga kemarin.

Sebelumnya, harga emas Antam terus menurun. Emas Antam sudah melemah dalam 5 dari 6 hari terakhir, kenaikan hanya terjadi pada hari Jumat pekan lalu, itupun hanya Rp 1.000/gram. Selama periode tersebut total pelemahannya sebesar 4,44%.

Emas dengan berat 100 gram yang biasa menjadi acuan hari ini dibanderol Rp 96.112.000/batang atau Rp 961.120/gram, naik 0,84%.

Harga emas dunia akhirnya kembali menguat pada perdagangan Rabu kemarin, setelah melemah dalam 3 hari beruntun. Bahkan, dalam 2 pekan terakhir emas dunia juga mencatat kinerja negatif. Melansir data Refinitiv, emas dunia kembali melesat 1,32$ ke US$ 1.953,45/troy ons.

Penguatan tersebut dipicu ekspektasi bank sentral AS (The Fed) akan mengumumkan stimulus tambahan guna memacu perekonomian AS. Investor menanti sinyal akan adanya gelontoran likuiditas dari symposium Jackson Hole yang akan dimulai hari ini. Dalam acara tahunan tersebut, ketua The Fed Jerome Powell dijadwalkan akan berbicara mengenani “Monetary Policy Framework Review”.

Ekspektasi adanya stimulus tambahan tersebut juga membuat dolar AS tertekan.

“Dolar menunjukkan sedikit pelemahan. Para investor trading dengan harapan dan ekspektasi aka nada stimulus tambahan,” kata Jeffrey Christian dari CPM Group, sebagaimana dilansir CNBC International.

“Investor menunggu sesuatu datang dari Kementerian Keuangan, dan stimulus dari Kongres AS,” kata Bob Haberkorn, kata ahli strategi pasar senior RJO Futures, sebagaimana dilansir CNBC International. Ia juga mengatakan jika The Fed kembali mengindikasikan adanya stimulus tambahan, emas akan kembali menguat.

Sumber : cnbcindonesia.com

PT Equityworld Medan
Equity world Medan

Lowongan Kerja Terbaru 2020
Loker EWF Medan