Kalender Ekonomi di Minggu Ini

Equity world – Dalam seminggu ke depan, pelaku pasar akan mengalihkan perhatiannya pada pidato Ketua Federal Reserve Janet Yellen yang sangat diantisipasi mengenai petunjuk baru waktu kenaikan suku bunga AS berikutnya.

Selain itu, investor akan terus fokus pada laporan ekonomi AS untuk mengukur apakah ekonomi terbesar di dunia tersebut cukup kuat menahan kenaikan suku bunga dalam beberapa bulan mendatang, dengan data revisi pertumbuhan kuartal kedua, Jumat, dalam sorotan.

Sementara itu, pelaku pasar akan melihat ke depan pada pembacaan kedua data pertumbuhan Inggris Raya tentang indikasi lebih lanjut bagaimana investasi bisnis dan belanja konsumen bergerak setelah referendum Brexit.

Pedagang juga akan memantau data survei aktivitas bisnis zona euro, Selasa, tentang sinyal baru kesehatan perekonomian wilayah tersebut menyusul referendum Inggris keluar dari Uni Eropa di awal musim panas.

Di tempat lain, data inflasi Jepang juga akan menjadi fokus setelah investor menilai perlunya stimulus lebih lanjut dalam perekonomian terbesar ketiga di dunia itu.

Menjelang minggu depan dimulai, Investing.com telah menyusun daftar lima peristiwa terbesar di kalender ekonomi yang paling mungkin mempengaruhi pasar.

1. Yellen berpidato di Jackson Hole

Investor akan terus mengamati pertemuan tahunan bankir-bankir top dan ekonom Amerika dalam minggu ini di Jackson Hole, Wyoming, yang berlangsung dari Kamis hingga Sabtu.

Puncaknya adalah ketika Ketua Fed Yellen berpidato Jumat. Spekulasi tersebar luas bahwa dia akan menggunakan pidato tersebut untuk memulai balapan kenaikan segera suku bunga di bulan September menyusul rentetan terbaru pidato-pidato anggota Fed yang optimis.

Simposium Fed tahunan kadang-kadang digunakan oleh ketua Fed untuk membuat pernyataan kebijakan penting.

Berdasarkan Perangkat Monitor Suku Bunga Fed Investing.com, investor menghargai kesempatan hanya 12% dari kenaikan suku bunga pada bulan September. Peluang Desember berada di sekitar 46%.

2. Revisi pertumbuhan kuartal kedua AS

AS akan melepas angka revisi pertumbuhan ekonomi kuartal kedua pukul 19.30 WIB, Jumat. Data ini diharapkan menunjukkan bahwa ekonomi diperluas sebesar 1,1% pada periode April-Juni, merevisi turun dari perkiraan awal 1,2%.

Selain laporan PDB, AS akan menghasilkan data penjualan rumah baru, penjualan rumah lama, pesanan barang tahan lama, klaim pengangguran mingguan dan revisi angka sentimen konsumen.

3. Perkiraan kedua PDB Inggris Raya kuartal II

Kantor Statistik Nasional Inggris akan menghasilkan perkiraan kedua pertumbuhan ekonomi Inggris Raya untuk kuartal April hingga Juni pukul 15.30 WIB pada hari Jumat. Laporan ini diperkirakan akan mengkonfirmasi ekonomi tumbuh 0,6% dalam tiga bulan yang berakhir 30 Juni, tidak berubah dari pembacaan awal.

Namun, pertanyaan besarnya adalah tentang prospek pertumbuhan kuartal ketiga, pasca-Brexit.

4. PMI flash zona euro bulan Agustus

Zona euro akan mempublikasikan data awal manufaktur dan aktivitas sektor jasa untuk bulan Agustus pukul 15.00 WIB pada hari Selasa, di tengah harapan untuk penurunan moderat.

Menjelang PMI zona euro, Prancis dan Jerman akan merilis PMI sendiri. Masing-masing dilaporkan pada pukul 14.00 WIB dan 14.30 WIB.

Sementara itu, sebuah laporan sentimen bisnis Jerman bulan Agustus juga akan menjadi fokus, dengan lembaga penelitian Ifo dijadwalkan untuk merilis temuannya pukul 15.00 WIB pada hari Kamis.

5. Data inflasi Jepang bulan Juli

Biro Statistik Jepang akan menerbitkan angka inflasi bulan Juli pukul 06.30 WIB, Jumat. Analis pasar mengharapkan angka utama tetap negatif, turun 0,4% tahun-ke-tahun, yang akan menjadi penurunan bulan kedelapan berturut-turut.

Negara ini telah berjuang untuk mencapai target 2% harga konsumen, menjaga tekanan bagi pembuat kebijakan untuk mendukung perekonomian terbesar ketiga di dunia itu.

Sumber: investing.com

EQUITY WORLD FUTURES