Kecemasan Brexit Mengekang Ekonomi Inggris

Equityworld Futures Medan-Aktivitas dalam sektor jasa Inggris tetap lemah “membuat putus asa” meskipun sempat pulih pada bulan lalu dari level terendah tiga tahun, menurut Markit Economics.

Di samping berlanjutnya pelemahan di bidang manufaktur dan konstruksi, data terbaru menunjukkan ekonomi Inggris mungkin diperluas hanya 0,2 persen dalam kuartal ini, kata Markit. Yang membandingkan dengan pertumbuhan 0,4 persen dalam tiga bulan pertama tahun ini dan menandai level terlemah sejak 2012.

Indeks Pembelian Manajer (PMI) untuk jasa, yang merupakan bagian terbesar dari perekonomian, naik menjadi 53,5 pada bulan Mei dari 52,3, mengalahkan perkiraan ekonom yang memperkirakan berada di 52,5. Sementara sentimen menguat, bisnis baru tumbuh pada laju paling lambat dalam lebih dari tiga tahun dan laju pertumbuhan pekerjaan juga mengalami perlambatan.

Ketidakpastian di sekitar referendum Inggris pada tanggal 23 Juni terhadap keanggotaannya di Uni Eropa membebani investasi dan perekrutan pekerja, dengan Bank of England dan lembaga lainnya memperingatkan bahwa apabila meninggalkan blok tersebut akan berdampak buruk terhadap perekonomian. Namun, referendum adalah salah satu faktor penahan pertumbuhan, menurut Markit.

Sumber: Bloomberg