Equityworld_MedanEquityworld Futures Medan : Kepastian formasi menteri ekonomi Jokowi membuat investor ragu. Hal itu tercermin dari sikap pelaku pasar yang masih menahan aksi di lantai bursa.

Hal itu membuat indeks harga saham gabungan (IHSG) kembali ke jalur merah di jeda makan siang. Padahal kemarin IHSG diguyur euforia pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden. Euforia itu pun terbukti tidak mampu menjadi benteng sentimen negatif global siang ini.

“Para investor masih tetap menunggu struktur kabinet Jokowi-JK. Hal tersebut membuktikan, bahwa masih adanya keraguan dari pasar,” ungkap Analis First Asia Capital David Sutyanto kepada Okezone, Selasa (21/10/2014).

Namun, lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa keragu-raguan pelaku pasar juga terlihat dari adanya nilai value yang kecil sampai siang ini.

“Jadi hari ini pasar sedang menimbang, para investor ingin menambah atau mengurangi sahamnya,” ungkapnya.

Pada pembukaan perdagangan pagi ini, IHSG menguat 18,33 poin atau 0,36 persen ke level 5.058. Namun siang ini sepi transaksi dan terbawa arus global turun 19,88 poin atau 0,4 persen ke 5.020,65. IHSG turun di sesi I tercatat 108 saham menguat, 161 saham melemah, dan 83 saham stagnan. (wdi)