Kepercayaan Bisnis NAB: Sentimen Pulih seiring Bisnis Sambut Malcolm Turnbull

Kepercayaan Bisnis NAB Sentimen Pulih seiring Bisnis Sambut Malcolm TurnbullEquityworld Futures Medan : Kepercayaan bisnis pulih pada September dari pembacaan terburuk dalam dua tahun, menurut survei terbaru National Australia Bank, menyusulpimpinan industri menyambut Malcolm Turnbull sebagai Perdana Menteri dan meredanya pergolakan pasar global.

NAB mengatakan pada hari Selasa bahwa indeks kepercayaan bisnis utama melonjak dari 1 poin pada bulan Agustus – level terendah sejak pertengahan 2013 – untuk 5 poin pada September. Hasilnya, diperoleh dari survei terhadap sekitar 400 perusahaan pada minggu terakhir September, menunjukkan dukungan bisnis untuk Mr Turnbull, dan kelegaan pada akhir dari ketidakpastian kepemimpinan dalam Partai Liberal.

Namun, indeks kepercayaan masih tetap di bawah puncak pertengahan tahun nya, dan tidak berbasis luas di semua industri. Sentimen di pertambangan, konstruksi dan keuangan jatuh, dua terakhir mungkin terkait persepsi mengenai pergolakan booming perumahan.

“Kepercayaan bisnis mencatat pemulihan parsial pada bulan September, meningkat menjadi 5 poin indeks dari 1,” ekonom NAB, yang dipimpin oleh Alan Oster, menulis.

“Tidak jelas sampai sejauh mana ini mencerminkan perubahan dalam kepemimpinan Partai Liberal, kondisi bisnis yang kuat dan beberapa disipasi kegelisahan pasar keuangan juga telah memberikan kontribusi untuk hasilnya,” kata mereka.

Indeks kondisi bisnis utama sebelumnya datar di 9 poin, dengan perdagangan, profitabilitas, pemesanan, saham dan ekspor semua turun pada tingkat Agustus mereka. Lapangan kerja, bagaimanapun, naik dari negatif 1 pada Agustus sampai ke 4 poin pada September.

Namun, dalam hal ini, NAB mencatat konvergensi tajam antara sektor-sektor dan industri, dengan layanan terus melakukan jauh lebih baik daripada andalan industri tradisional seperti pertambangan dan manufaktur.

Tingkat kepercayaan juga bervariasi antara industri yang berbeda, dengan perbaikan terkonsentrasi di transportasi dan utilitas, yang naik 14 poin indeks, dan layanan pribadi, yang melonjak 12 poin. Tidak mengherankan, mengingat lemahnya harga komoditas dan menurunnya permintaan dari Cina, perusahaan tambang yang paling kurang percaya diri, dengan mencatatkan negatif 14 poin indeks.

NAB mengatakan hasil terbaru memberi kesan bahwa lebih rendahnya dolar Australia telah membantu “pemulihan sektor non-pertambangan” membangun momentum.

“Hal ini sangat jelas dalam industri karena dianggap sangat responsif terhadap perubahan mata uang dalam waktu dekat, termasuk layanan pribadi dan bisnis,” kata bank.

Perkiraanbahwa Reserve Bank of Australia akan tetapmenahan suku bunga pada 2 persen untuk masa yang akan datang, dengan tidak ada pelonggaran moneter lebih lanjut masih menjadi hal yang menghantui.

“Harga komoditas yang lemah dan jatuhnya investasi pertambangan akan tetap menjadi hambatan pada kegiatan ekonomi dan risiko penurunan dari luar negeri tetap disuarakan,” kata ekonom bank.

“Namun, kami merasa sulit untuk menjaga kasus untuk pelonggaran kebijakan yang lebih lanjut untukalasan domestik semata dan pandangan harga pasar untuk 25 basis lain selama enam bulan mendatang sebagai sesuatu yang terlalu pesimis. (sdm)

Sumber: sydneymorningherald