Ketidakpastian Yunani Dorong Emas Catat Gain Dengan Dekati Level $1,185

Equityworld Futures Medan : Hari ini emas diperdagangkan naik dengan mendekati level $1,185 per ounce, melanjutkan gain semalam ditengah kegagalan Yunani untuk mencapai kesepakatan dengan para kreditornya yang telah memicu permintaan aset safe-haven.
Spot emas stabil di level $1,184.78 per ounce pukul 00:25 GMT, setelah kemarin mendulang gain 0.5%.
Kemarin Yunani dan para kreditornya mengukuhkan sikap mereka setelah kebuntuan pembicaraan yang bertujuan mencegah default dan kemungkinan keluar dari Eropa, hal itu mendorong Komisi Eropa dari Jerman menyatakan jika waktu telah tiba untuk mempersiapkan keadaan darurat.
Sekarang Athena memiliki waktu 2 pekan untuk menemukan jalan keluar dari kebuntuan tersebut sebelum dihadapkan pada pembayaran sebesar 1.6 miliar euro kepada IMF (International Monetary Fund), secara potensial tidak memilik sejumlah dana, ketidakmampuan untuk meminjam dana.
Hari Senin kemarin bursa saham global anjlok, disebabkan tekanan oleh kebuntuan pembicaraan yang telah berlangsung selama 11 jam antara Yunani dan para kreditornya, dengan para investor merasa cemas mengenai kemungkinan negara tersebut menghadapi default.
Emas memiliki daya tarik yang bagus seiring emas sering dipandang sebagai investasi alternatif selama ketidakpastian finansial dan ekonomi.
Fokus pekan ini juga pertemuan Federal Reserve yang akan dimulai hari ini dan berlangsung selama 2 hari.
Para investor akan lebih memonitor komentar dari Ketua The Fed Janet Yellen terkait waktu Bank Sentral AS yang akan menaikkan suku bunga, yang telah mendekati rekor terendah.
Naiknya suku bunga akan mengikis permintaan bullion. (bgs)
Sumber : Reuters